Beranda Politik Sosialisasi Kampung Demokrasi Lebak Banten Diharapkan Tingkatkan Partisipasi Pemilih

Sosialisasi Kampung Demokrasi Lebak Banten Diharapkan Tingkatkan Partisipasi Pemilih

Ray Rangkuti. (Sandi/bantennews)

LEBAK– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lebak menggelar acara sosialisasi dan pendidikan bagi pemilih untuk meningkatkan partisipasi warga di Pemilu 2024 mendatang, di Kampung Cigembor, Desa Banjarsari, Kecamatan Cileles, Kabupaten Lebak, Banten, Minggu (27/11/2022).

Ray Rangkuti pendiri Lingkaran Madani (Lima) mengatakan, rendahnya partisipasi pemilih menjadi salah satu kendala yang selalu dijumpai dalam setiap perhelatan pemilu di Indonesia.

“Kurangnya pemahaman masyarakat tentang berdemokrasi akibat minimnya sosialisasi menjadi salah satu faktor yang mendorong masyarakat enggan untuk berpartisipasi dalam pemilu,” kata Ray setelah memberikan narasumber di acara sosialisasi.

Ia menjelaskan, untuk kesekian kalinya Indonesia akan kembali menggelar pemilihan umum baik pemilu legislatif maupun pemilu presiden. Rendahnya partisipasi pemilih dalam setiap perhelatan pemilu di Indonesia menjadi salah satu kendala yang selalu dijumpai.

Ia menambahkan, penyelenggara pemilu di daerah perlu berinovasi atau menciptakan bentuk sosialisasi kepada masyarakat tentang pentingnya berdemokrasi. Seperti membuat kampung demokrasi yang ada di Desa Banjarsari, Kecamatan Cileles, Kabupaten Lebak, Banten, dimana warga yang merupakan perwakilan dari setiap kampung ini akan mensosialisasikan kembali kepada warga lainnya agar ikut serta mensukseskan setiap perhelatan pemilu.

“Dengan adanya Kampung Demokrasi ini tentunya akan memberikan wawasan terkait pemilu, mudah-mudahan dengan adanya Kampung Demokrasi bisa menambah partisipasi dalam pemilu 2024 nanti,” ucapnya. (San/Red)