Beranda Uncategorized Sosialisasi 4 Pilar MPR di UIN Syarif Hidayatulloh

Sosialisasi 4 Pilar MPR di UIN Syarif Hidayatulloh

Ketua Fraksi PKS DPR RI Jazuli Juwaeni saat sosialisasi 4 pilar MPR di UIN Syarif Hidayatulloh, Jakarta. (ist)

JAKARTA – Ketua Fraksi PKS DPR Jazuli Juwaini mendampingi Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid (HNW) melaksanakan acara Sosialisasi 4 Pilar MPR di Kampus UIN Syarif Hidayatulloh, Jakarta, Selasa (31/7/2018).

Dalam sambutannya HNW menerangkan pentingnya sosialisasi Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai upaya untuk menjaga dan mengokohkan ke-Indonesia-an.

Sementara, Jazuli Juwaini dalam presentasinya menekankan pentingnya memahami sejarah perjuangan dan kemerdekaan Indonesia yang penuh pengorbanan terutama dari kalangan ulama dan umat Islam. Makanya, ia termasuk yang menyesalkan adanya upaya mendeskriditkan ulama dan umat Islam sebagai anti-NKRI dan anti-Pancasila.

“Kita tidak menafikkan perjuangan saudara-saudara kita yang lain, tapi jelas tidak bisa dipungkiri pengorbanan terbesar kemerdekaan Indonesia disumbang oleh ulama dan umat Islam. Maka dalam tubuh umat ini mengalir darah cinta NKRI dan Pancasila,” kata Jazuli, melalui rilis yang diterima BantenNews.co.id.

Anggota Komisi I ini kemudian memaparkan fakta sejarah betapa ulama dan umat Islam begitu cinta NKRI. “Siapa yang legowo dan berlapang dada saat 7 kata dalam Piagam Jakarta, yang sudah disepakati bersama, akhirnya dihapus? Ulama kita! Demi saudara-saudara kita dari Indonesia Timur supaya tetap bergabung dalam NKRI dan mengurungkan niat memisahkan diri,” kata Jazuli.

Jadi, kata Jazuli, sangat besar pengorbanan ulama dan umat Islam dalam meraih dan menjaga kemerdekaan. “Maka saya mengajak mahasiswa UIN ayo hapus stigmatisasi umat Islam anti NKRI atau anti Pancasila. Caranya dua: Pertama, mari kita pahami dan pahamkan sejarah kepada masyarakat betapa besar pengorbanan ulama dan umat Islam bagi bangsa ini. Dan kedua, mari kita jaga Indonesia ini dengan menjaga Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika dengan sungguh-sungguh sebagai warisan ulama dan umat Islam,” tegas Jazuli.

Di akhir acara, Anggota DPR Dapil Banten ini membagikan kepada seluruh peserta buku karyanya yang relevan dengan diskusi,  berjudul “Ulama dan Pesantren Mewariskan Indonesia Merdeka”. Buku yang diberi pengantar oleh KH. Salahudin Wahid dan Dr. H. M. Hidayat Nur Wahid ini bercerita tentang kontribusi ulama dan kaum santri sepanjang sejarah perjuangan bangsa. (ink/red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini