Beranda Kesehatan Solusi Pasien Covid-19, Pemkab Tangerang Bakal Nenaikkan Tipe Rumah Sakit

Solusi Pasien Covid-19, Pemkab Tangerang Bakal Nenaikkan Tipe Rumah Sakit

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar

 

KAB TANGERANG – Kondisi pasien Covid,-19 di Kabupaten Tangerang semakin tak tertampung, Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar sedang berusaha untuk menaikkan tipe beberapa rumah sakit (RS) melalui penambahan fasilitas dan sumber daya manusia (SDM).

Menurut Zaki, kenaikan tipe RS memiliki tantangan terkait SDM dimana sangat terbatas. Kendati demikian, ia menilai adanya relaksasi aturan tenaga kesehatan menjadi solusi tantangan tersebut.

“Dalam menaikkan tipe RS, tantangannya adalah penyediaan SDM karena SDM sangat terbatas, tapi dengan adanya relaksasi aturan nakes bisa menjadi solusi terbatasnya SDM di bidang kesehatan,” ungkap Zaki dalama keterangan tertulis yang diterima, Sabtu (23/1/2021).

Zaki membeberkan,total kasus positif di Kabupaten Tangerang berjumlah 6.085 orang. Diantaranya, 5.672 dinyatakan sembuh dan masih 329 masyarakat yang dirawat.

“Dari jumlah total yang positif, ada 134 meninggal atau sekitar 2,2 persen,” bebernya.

Zaki mengakui rumah sakit khusus penanganan Covid-19 sudah tak menampung pasien baru. Padahal, sebelumnya kamar dan ICU sudah ada penambahan.

Oleh karenanya, Zaki tengah mengambil langkah penanganan usai dirinya beserta Kepala dinas kesehatan dan Sekretaris Daerah mendatangi semua rumah sakit di Tangerang terkait penambahan tempat tidur dan ICU sesuai aturan Kemenkes pada minggu kemarin.

“Kapasitas tempat tidur setiap bulan kami perbarui dengan tiga rumah sakit umum Kabupaten Tangerang dan 23 rumah sakit swasta. Di Februari nanti akan ada penambahan sekitar 150 tempat tidur dan 12 ICU,” jelas Zaki.

“Apabila di bulan Februari masih tinggi, kita sedang mempersiapkan alternatif berikutnya, yaitu membuka kembali salah satu rumah singgah yang dulu pernah dioperasikan dengan kapasitas 120 pasien,” lanjutnya.

(Ren/Red/SG)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini