Beranda Pemerintahan Soal Sosok Calon Wakil Walikota, Edi Ariadi : Ini Kriterianya

Soal Sosok Calon Wakil Walikota, Edi Ariadi : Ini Kriterianya

ilustrasi kepala daerah. (doc. Wartakota/Tribun)

CILEGON – Jelang pelantikannya sebagai Walikota Cilegon, Edi Ariadi mulai mengungkapkan kriteria kandidat calon pengganti jabatannya sebagai Wakil Walikota.

Menurut Edi, sosok yang pantas untuk menjadi pendampingnya di tampuk jabatan birokrasi itu adalah pribadi yang sudah siap pakai untuk menjadi tandemnya dalam menjalankan program pemerintahan.

“Yang pasti yang ready for use, artinya yang siap pakai. Tapi buat saya sebetulnya siapa pun oke, karena toh kebijakan ada di saya. Jadi tidak boleh ada dobel kebijakan, kalau kata orang tuh ada matahari kembar,” ujar Edi ditemui di ruang kerjanya, Selasa (19/2/2019).

Edi menolak merinci sosok yang dimaksud, namun ia mengaku tidak ingin sepenuhnya menjadi penentu dalam pemilihan Wakil Walikota yang proses dan tahapannya akan dilalui di parlemen. Sosok yang menjadi Wakil Walikota menurutnya harus memahami betul tugas pokok dan fungsinya seperti yang diamanatkan oleh Undang Undang nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

“Yang terpenting adalah, apakah dia mumpuni ga untuk dipilih oleh masyarakat, oleh partai dan sebagainya termasuk partai koalisi mempersilakan ga?. Jadi kan banyak yang harus menilai (figur calon Wakil Walikota). Tapi kembali lagi, sosok wakil itu adalah membantu kepala daerah, lihat Undang-Undangnya. Wakil itu hanya pengawasan pembangunan, hanya mengevaluasi SDM dan sebagainya,” terangnya.

Wacana kontestasi perebutan kursi Wakil Walikota Cilegon ini diprediksi akan menguat pasca pelantikan Edi oleh Gubernur Banten, Wahidin Halim pada Rabu (20/2/2019) pagi besok.

Pemberhentian Edi Ariadi sebagai Wakil Walikota secara resmi akan diumumkan, untuk selanjutnya menjabat sebagai Walikota Cilegon berdasarkan Surat Keputusan (SK) Menteri Dalam Negeri (Mendagri) bernomor 131.36-264 tahun 2019. (dev/red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini