Beranda Nasional Soal-soal Tes CPNS 2019 Akan Diganti

Soal-soal Tes CPNS 2019 Akan Diganti

Ilustrasi - foto istimewa detik.com

 

JAKARTA – Badan Kepegawaian Negara (BKN) akan mengganti soal-soal ujian yang diujikan dalam proses penerimaan  Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK/P3K) tahun ini.

Soal itu terdiri dari Soal Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

“Soal-soal SKD sudah disiapkan. Ada sejumlah yang kemungkinan tidak valid akan di-remove dari sistem, tetapi soal-soal baru juga akan ditambahkan,” kata Kepala Biro Humas BKN, Muhammad Ridwan, Jakarta, Kamis (4/7/2019).

Ridwan mengatakan, khusus untuk soal SKB penerimaan CPNS dan P3K 2019, pihak telah melakukan koordinasi lebih dari 100 kementerian yang menjadi pembina fungsional. Sehingga soal yang dianggap kurang tepat bisa disesuaikan.

“Hal-hal lain juga dipersiapkan. Kapan pun dibuka (penerimaan CPNS dan P3K) itu diharapkan smooth,” ujarnya.

Meskipun demikian Ridwan tidak merinci berapa banyak soal yang diganti maupun yang ditambahkan. Dasarnya, pergantian teresbut sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan.

Tahun ini, pemerintah kembali akan membuka lowongan CPNS sebanyak 253.173 orang. Ini terdiri dari PNS dan PPPK/P3K. Proses dan jadwal seleksinya sendiri akan dibuka pada Oktober ini. BKN akan menyampaikan petunjuk teknisnya sesegera mungkin kepada masyarakat.

“Kemarin, Pak Menpan RB sudah statement, bahwa penerimaan CPNS kemungkinan besar di Oktober,” tandas Ridwan. (Red)

 

Sumber : Kompas.com

 

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini