Beranda Kesehatan Soal Kebijakan Pelayanan KIA, RSU Kabupaten Tangerang Terima Kunjungan USAID

Soal Kebijakan Pelayanan KIA, RSU Kabupaten Tangerang Terima Kunjungan USAID

Rumah Sakit Umum (RSU) Kabupaten Tangerang menerima kunjungan perwakilan dari United States Agency for International Development (USAID)

KAB. TANGERANG – Rumah Sakit Umum (RSU) Kabupaten Tangerang menerima kunjungan perwakilan dari United States Agency for International Development (USAID) dalam rangka pemantauan kebijakan pelayanan Kesehatan Ibu dan Bayi Baru Lahir (KIB).

Dalam kunjungannya ke RSU Kabupaten Tangerang, USAID membuka ruang diskusi mengenai kebijakan pelayanan KIA, termasuk pelayanan Sectio Caesario (operasi sesar) di rumah sakit. Adapun RSU Kabupaten Tangerang terus berupaya menekan angka kematian ibu dan bayi (AKI/B). Hal itu juga merupakan bentuk dukungan RSU Kabupaten Tangerang terhadap program nasional dalam upaya penurunan angka kematian ibu dan bayi serta pencegahan stunting.

“Kami sebagai mitra Momentum mendukung program nasional dengan menjalin kerja sama yang baik dalam berkolaborasi,” kata Wakil Direktur Pelayanan Penunjang RSU Kabupaten Tangerang, dr. Endang Widyastiwi saat menerima kedatangan tim USAID di RSU Kabupaten Tangerang.

Program Momentum merupakan sebuah program hibah dari USAID kepada Kementerian Kesehatan RI. Program tersebut dilaksanakan dalam kurun waktu 5 tahun, yakni pada tahun 2021-2025. Kabupaten Tangerang menjadi salah satu wilayah yang diintervensi menjadi lokus penurunan AKI dan AKB.

“Tentunya untuk mewujudkan generasi emas Indonesia, sektor kesehatan di Indonesia diarahkan untuk fokus pada penurunan Angka Kematian Ibu dan Bayi serta mencegah stunting, sesuai visi Presiden Joko Widodo,” tutur dia dalam keterangannya, Senin (29/8/2022).

Diketahui, visi misi dari program Momentum yang digagas oleh USAID adalah berkomitmen mendukung pelayanan maternal dan neonatal. Momentum Private Healthcare Delivery (MPHD) adalah sebuah proyek global yang didukung oleh USAID dan bertujuan untuk memperkuat pemerintah Indonesia agar secara efektif dan berkelanjutan dalam memberikan pelayanan kesehatan Ibu dan Bayi Baru Lahir (KIB) yang berkualitas di sektor swasta.

(Ril/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini