Beranda Pemerintahan Soal Aduan Petani, Distan Pandeglang Minta Petani Swadaya Pengadaan Selang Air

Soal Aduan Petani, Distan Pandeglang Minta Petani Swadaya Pengadaan Selang Air

Sekretaris Dinas Pertanian Pandeglang Cecep Komara. (Foto: Memed/bantennews.co.id)

PANDEGLANG – Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Pandeglang menyarankan agar para petani yang mengadu ke Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) agar melakukan iuran bersama petani lain untuk pengadaan selang.

Hal itu disampaikan oleh Sekretaris Dinas Pertanian Pandeglang Cecep Komara. Kata Cecep, jika untuk kebutuhan traktor dan pompa air masyarakat bisa meminjamnya ke Unit Pelaksana Teknis (UPT) alat dan mesin pertanian (Alsintan). Namun untuk kekurangan selang yang dihadapi para petani ia menyarankan agar warga iuran.

Lanjut Cecep, selain iuran masyarakat juga sebenarnya bisa meminjam modal ke lembaga lain untuk membeli selang dengan pembayaran ketika petani sudah panen.

“Jadi di UPT Alsintan itu udah ada pompa air jadi kalau masyarakat butuh itu tinggal pinjem aja kesana, memang kalau kebutuhan selang itu kami mengharapkan untuk swadaya petani, karena hasilnya buat petani kami hanya bisa membantu itu saja (pompa air). Ada juga lembaga-lembaga yang memberikan pinjaman yang bayarnya pada saat panen,” katanya, Rabu (5/9/2018).

Distan sendiri tidak bisa memprediksi hasil tanam Jagung dan Kedelai para petani jika musim kemarau seperti sekarang, bahkan jika kemarau ekstrim melanda kemungkinan para petani bisa gagal panen.

“Kami kemarin sudah ada sceduling kami masih berusaha, kami tidak bisa memprediksi dampak kekeringan itu ya, kalau ekstrim itu bisa nol,” ungkapnya. (Med/Red)