Beranda Pendidikan SMK Muhammadiyah 1 Rangkasbitung Gelar Sosialisasi eduMu

SMK Muhammadiyah 1 Rangkasbitung Gelar Sosialisasi eduMu

58
0
Tim Edukasi Digital Muhammadiyah (eduMu) Majelis Dikdasmen PP Muhammadiyah melakukan sosialisasi penggunaan dan manfaat aplikasi eduMu bagi wali murid dan guru SMK Muhammadiyah 1 Rangkasbitung, yang bertempat di Aula SMK Muhammadiyah 1 Rangkasbitung, Sabtu (11/8/2018). (Foto: Ali/bantennews.co.id)

LEBAK – Tim Edukasi Digital Muhammadiyah (eduMu) Majelis Dikdasmen PP Muhammadiyah melakukan sosialisasi penggunaan dan manfaat aplikasi eduMu bagi
wali murid dan guru SMK Muhammadiyah 1 Rangkasbitung, yang bertempat di Aula SMK Muhammadiyah 1 Rangkasbitung, Sabtu (11/8/2018).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah 1 Rangkasbitung Charis Khaddafi, Ketua Majelis Dikdasmen Muhammadiyah Banten, Badrus dan Ketua Tim Implementasi eduMU, Nawawi dari Majelis Dikdasmen PP. Muhammadiyah.

Dalam sambutannya Charis Khaddafi menyampaikan, eduMU adalah sistem informasi berbasis web dan mobile platform yang mengintegrasikan seluruh proses di dalam sekolah yang dirancang untuk menghubungkan orangtua, murid dan guru dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah. “Jadi orangtua siswa bisa memantau secara langsung perkembangan anaknya di sekolah,” ujarnya.

Ketua Tim Implementasi eduMu, Nawawi, menyebutkan eduMu yang dirancang dengan aplikasi ini telah tersedia di playstore/google play dan app store dengan penyajian menu student tracking (pantau lokasi anak dari mana saja), smessenger (koordinasi dengan guru kapan saja), fees n bills (cek info pembayaran sekolah), multiple intelligent analyst (cari tahu bakan fan minat anak), realtime attendance (cek anak sudah masuk sekolah), learning management system (pantau prestasi anak setiap hari), notifications (terima update kegiatan anak di sekolah), dan school rewards system (beri reward/penghargaan prestasi ke anak), tambahnya.

Sementara Badrus memuji hal ini sebagai bentuk langkah strategis Muhammadiyah.

“Kemajuan teknologi adalah sebuah keniscayaan, eduMU merupakan langkah strategis Muhammadiyah sebagai upaya meningkatkan kualitas pendidikan Muhammadiyah di era digital,” ungkapnya.

Dengan demikian, diharapkan ke depan setiap aktivitas di lembaga pendidikan Muhammadiyah lebih menjamin dan mempermudah bagi orangtua, guru, dan murid untuk saling berkomunikasi. “Tidak musti di sekolah saja, kapan pun bila ada hal yang dianggap penting untuk dikomunikasikan boleh lansung ke gurunya,” jelasnya.

Endang Herdiana, selaku Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan SMK Muhammadiyah sangat mengapresiasi kegiatan ini. Menurutnya gebrakan ini merupakan hal luar biasa. “Semoga nanti aplikasi ini benar-benar dapat memberikan kemudahan dan manfaat bagi kita semua,” ujar Endang.

Menurutnya aplikasi ini bila berjalan dengan maksimal akan lebih memudahkan bagi guru, orangtua, dan anak dalam hal pembelajaran. (Tra/Ali/Red)