Beranda Kesehatan Smartphone Ternyata Bakterinya Lebih Banyak dari Kursi Toilet!

Smartphone Ternyata Bakterinya Lebih Banyak dari Kursi Toilet!

Ilustrasi - foto istimewa liputan6.com

Melepaskan jari-jari kita dari ponsel atau smartphone memang sulit. Kini bahkan muncul anekdot jika kita lebih rela ketinggalan dompet daripada ponsel kesayangan.

Seorang ahli mikrobiologi dan profesor di Universitas Arizona, Charles Gerba, PhD, menemukan bahwa perangkat tersebut membawa bakteri 10 kali lebih banyak daripada kursi toilet.

” Sangat jarang orang membersihkan telepon mereka, (jadi) kuman dan bakteri terus menumpuk dan menumpuk, termasuk bakteri E.coli, influenza, dan MRSA, hanya untuk beberapa nama,” ujar Gerba dilansir dream.co.id.





Tak hanya itu, menurut Gerba yang mengatakan bahwa ponsel yang memiliki layar sentuh, memudahkan kuman untuk menyebar dari ponsel ke tangan dan wajah, yang kemungkinan meningkatkan infeksi.

Gerba merekomendasikan untuk membersihkan handphone setidaknya satu kali sehari, atau lebih sering jika sering dipinjam banyak orang. Bagaimana caranya?

Ini cara agar HP bebas bakteri

1. Kain microfiber

Salah satu cara termudah untuk membersihkan ponsel kamu adalah dengan menyimpan kain microfiber di dompet. Saat kotor dan lengket bisa langsung dibersihkan dengan cepat.

2. Menggosok dengan alkohol dan air

Campur air dan alkohol dengan perbandingan 60% air dan 40% alkohol. Untuk menggunakannya, basahi sedikit sudut kain microfiber yang lembut dan tidak berbulu atau kapas atau persegi dengan campuran ini.

3. Tisu disinfektan

Bisa juga menggunakan tisu disinfektan. Tapi pastikan hati-hati jangan sampai cairannya merusak ponsel. (Red)