Beranda Pendidikan Siswa SMK di Banten Adu Kemampuan Bahasa

Siswa SMK di Banten Adu Kemampuan Bahasa

Kabid SMK Dindikbud Banten Wawan Purwanto (kedua dari kiri) saat membuka lomba bahasa. (Foto : fauzi/bantennews)

 

CILEGON – Puluhan siswa SMK di Provinsi Banten mengikuti Lomba Bahasa yang diselenggarakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Banten, di salah satu hotel di Kota Cilegon. Lomba yang berlangsung 10-13 September  ini memperlombakan kemampuan Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Bahasa Jepang, Bahasa Mandirin, Bahasa Sunda, dan Bahasa Jawa Serang.

Komarudin, Ketua Panitia Lomba mengatakan bahwa para peserta merupakan siswa SMK yang merupakan perwakilan dari 8 kabupaten/kota se-Provinsi Banten. Dikatakan, perlombaan ini merupakan salah satu upaya untuk memfasilitasi bakat dan kemampuan bahasa siswa.

“Dari lomba ini para siswa diharapkan sapat meningkatkan kemampuan bahasa,” ujarnya saat pembukaan lomba, Senin (10/9/2018) malam.

Sementara Wawan Murwanto, Kabid SMK Dindikbud Banten menyatakan bahwa kemampuan bahasa merupakan salah satu modal bagi siswa SMK dalam menghadapi persaingan dunia kerja di masa mendatang. Dikatakan, selain dibekali skill, siswa SMK juga harus diberi softskill agar bisa berdaya saing.

“Lomba ini merupakan salah satu cara untuk melatih softskill. Lomba ini melatih kedisiplinan, kejujuran, integritas, dan komunikasi yang juga dibutuhkan sebagai softskill agar lulusan SMK semakin berdaya saing,” ujarnya. (ink/red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini