Beranda Berita Sistem Merit Diperlukan Guna Hindari Politisasi Birokrasi Para ASN

Sistem Merit Diperlukan Guna Hindari Politisasi Birokrasi Para ASN

Wakil Presiden RI, KH Ma'ruf Amin - foto istimewa

SERANG – Wakil Presiden RI, KH Ma’ruf Amin menyatakan bahwa Kedepan, untuk menghadapi tantangan dan dinamika dalam penerapan manajemen Aparatur Sipil Negara (ASN) yang semakin kompleks, diperlukan sistem merit yang menekankan pada standar kualifikasi, kompetensi, dan kinerja ASN untuk menghindari adanya politisasi birokrasi.

“Sistem merit dalam manajemen ASN agar dilaksanakan dengan lebih menekankan pendekatan yang adaptif dan inovatif untuk merespon situasi yang dinamis di tingkat nasional maupun global,” ujarnya dikutip melalui media resminya, Sabtu (30/1/2021).

Wapres juga menghadiri acara Penyerahan Keputusan, Piagam, dan Plakat Penerapan Sistem Merit dalam Manajemen Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkungan Instansi Pemerintah secara virtual.





” Saya ucapkan selamat kepada instansi pemerintah yang telah berhasil ditetapkan sebagai kategori “Sangat Baik” dan “Baik” dalam menerapkan sistem merit dalam manajemen ASN,” katanya.

Pencapaian ini mencerminkan keseriusan instansi pemerintah tersebut untuk mencapai tujuan reformasi birokrasi, yaitu menciptakan pemerintah yang profesional dengan karakteristik berintegritas, berkinerja tinggi, bebas dan bersih KKN, mampu melayani publik dengan baik, netral, sejahtera, berdedikasi, dan memegang teguh nilai-nilai dasar dan kode etik aparatur negara.

(Red)