Beranda Pemilu 2024 Sinyal Jokowi Endorse Erick Thohir Dampingi Ganjar di Pilpres 2024 Makin Kuat

Sinyal Jokowi Endorse Erick Thohir Dampingi Ganjar di Pilpres 2024 Makin Kuat

Erick Thohir - Ganjar Pranowo - foto istimewa beritasatu.com

SERANG – Nama Erick Thohir makin santer terdengar masuk dalam bursa cawapres Pilpres 2024. Sosok Menteri BUMN ini makin diperhitungkan setelah disebut oleh Presiden Jokowi.

Belum lama ini, Jokowi mengungkap beberapa nama yang cocok mendampingi bakal capres jagoan PDIP, Ganjar Pranowo. Nama Erick Thohir menjadi tokoh pertama yang disebut Jokowi.

“Yang cocok banyak. Ada Pak, ET, ada Pak Sandiaga, kan banyak kan, ada Pak Mahfud. Ada Pak RK. Banyak. Ada Cak Imin, ada Pak Airlangga,” kata Jokowi pada Sabtu (22/4/2023) lalu.

Seiring dengan berjalannya waktu, Erick Thohir mendapatkan elektoral tinggi hingga dianggap paling layak mendampingi Ganjar.

Dari hasil survei Indonesia Political Opinion pada 5 sampai 13 Juni 2023 lalu, elektabilitas Erick Thohir mengungguli tokoh potensial lainnya dengan skor 15,5 persen.

Sementara itu, Mahfud MD mendapat skor 11,1 persen, disusul Agus Harimurti Yudhoyono 10.9 persen, Ridwan Kamil 6,7 persen dan Sandiaga Uno sebesar 6,5 persen.

“Erick Thohir sejauh ini menjadi tokoh paling potensial sebagai cawapres, bahkan bagi koalisi pro pemerintah seperti Ganjar,” kata Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO), Dedi Kurnia Syah, Minggu (25/6/2023).

Dalam simulasi berpasangan, duet Ganjar Pranowo dan Erick Thohir mendapatkan dukungan 26,8 persen. Lebih tinggi dibandingkan dengan simulasi pasangan potensial lainnya, seperti Prabowo Subianto dan Anies Baswedan.

Berdasarkan hasil tersebut, Dedi menyimpulkan Erick Thohir cocok untuk mendampingi Ganjar Pranowo.

“Ganjar Pranowo sangat baik jika disandingkan dengan Erick Thohir. Erick Thohir tetap konsisten berada di atas jika disandingkan dengan Ganjar Pranowo,” ungkap Dedi.

Kekuatan Erick Thohir melaju di Pilpres 2024 mendatang juga akan semakin mulus dengan berbagai ‘endorsement’ yang diberikan oleh Jokowi.

Selain menyebut nama Erick Thohir menjadi kandidat nomor satu oendamping Ganjar, Jokowi juga pernah jalan-jalan di acara car free day Solo bersama Ganjar dan Erick Thohir beberapa waktu lalu.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini