Beranda Cinta Sifat Cemburu dan Posesif Apakah Sama? Yuk Pahami

Sifat Cemburu dan Posesif Apakah Sama? Yuk Pahami

Ilustrasi - foto istimewa IDN Times

Pada hubungan Cinta terkadang rasa cemburu pasti akan datang seiring waktu. Terkadang, cemburu bisa menjadi trigger atau pemicu bagi seseorang untuk melakukan tindakan yang tidak dipertimbangkan secara matang.

Menurut psikolog Personal Growth, Gracia Ivonika rasa cemburu bisa saja menjadi posesif. Hal itu sering dikaitkan dan menjadi sikap yang ditunjukkan seseorang saat merasa cemburu terhadap pasangannya.

“Posesif itu adalah sikap yang bisa ditampilkan akibat rasa cemburu. Nah, cemburu inilah pemicu atau dorongan orang untuk menjadi posesif pada pasangannya,” ujarnya dilansir detik.com.

Namun, Nuzulia Rahma Tristinarum seorang psikolog sekaligus penulis buku mengemukakan jawaban yang berbeda. Menurutnya, cemburu itu berbeda dengan posesif. Ini bisa terjadi dalam sebuah hubungan yang mendalam seperti suami dan istri bahkan pertemanan.

“Cemburu itu baik, dibutuhkan sebagai pemanis rasa hingga meningkatkan keharmonisan dalam suatu hubungan. Selama takarannya tepat, cemburu itu masih sehat atau dikategorikan baik,” jelas Rahma.

“Sedangkan posesif, itu kebutuhan dan keinginan seseorang untuk bisa mengontrol pasangannya, teman, atau orang yang ada di dekatnya. Tapi ini bukan karena cemburu, namun justru lebih didominasi oleh rasa insecure atau rasa takut akan kehilangan,” imbuhnya.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini