Beranda Pemerintahan Sidak Disdukcapil, Walikota Serang Soroti Fasilitas dan SDM Pelayanan Publik

Sidak Disdukcapil, Walikota Serang Soroti Fasilitas dan SDM Pelayanan Publik

Walikota Serang Budi Rustandi menyapa warga saat sidak pelayanan di Kantor Disdukcapil Kota Serang. (Adef/bantennews)

SERANG – Walikota Serang, Budi Rustandi melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Serang, Kamis (7/8/2025).

Sidak dilakukan untuk meninjau langsung pelayanan publik, termasuk kesiapan fasilitas dan Sumber Daya Manusia (SDM) di Disdukcapil.

“Saya ingin melihat kesiapan pelayanan publik, baik dari segi tempat maupun SDM-nya. Ini akan menjadi bahan evaluasi ke depan agar kualitas pelayanan publik di Kota Serang semakin meningkat,” ujar Budi.

Dalam tinjauan tersebut, Budi menilai, SDM pelayanan sudah cukup maksimal. Tercatat ada 13 petugas yang melayani masyarakat setiap hari.

Namun, Budi juga menyoroti keterbatasan ruang pelayanan yang dinilai sempit dan tidak memadai untuk menampung jumlah pengunjung yang terus meningkat.

“Tempatnya kurang besar. Tahun depan memang banyak kebutuhan anggaran yang besar untuk penataan kota. Tapi insya Allah akan kami bahas bersama terkait rencana pembangunan atau renovasi gedung pelayanan,” jelasnya.

Budi juga meminta agar kenyamanan masyarakat yang mengantre menjadi perhatian. Termasuk perbaikan pada bagian depan gedung agar warga tidak kepanasan saat menunggu pelayanan.

Menanggapi sidak tersebut, Kabid Layanan Aspirasi dan Pengaduan Pelayanan Publik Disdukcapil Kota Serang, Yusrini membenarkan pihaknya masih memiliki sejumlah pekerjaan rumah, mulai dari kondisi gedung, SDM, hingga alat-alat pelayanan yang perlu diperbarui secara berkala.

“Memang alat-alat pelayanan digunakan setiap hari dan harus terus di-upgrade. Jumlah penduduk yang dilayani juga semakin padat, jadi sarana dan prasarana wajib ditingkatkan,” ungkapnya.

Yusrini juga menyebut, saat ini telah dianggarkan sekitar Rp300 juta untuk peningkatan layanan di bagian depan gedung, seperti penutup atap agar masyarakat lebih nyaman saat mengantre.

Namun, rencana renovasi menyeluruh terhadap gedung baru akan diusulkan dalam anggaran tahun 2026.

Baca Juga :  Antisipasi Nonaktif NIK, Didukcapil Kota Serang Buka Pelayanan pada Hari Libur

“Usia gedung sudah cukup tua, dan memang perlu direhabilitasi secara menyeluruh agar pelayanan bisa berjalan lebih maksimal,” ujarnya.

Penulis : Ade Faturohman
Editor : Tb Moch. Ibnu Rushd