Beranda Pemerintahan Siapkan Rp69,7 Miliar, 706 Huntap Korban Tsunami Pandeglang Diharapkan Segera Rampung

Siapkan Rp69,7 Miliar, 706 Huntap Korban Tsunami Pandeglang Diharapkan Segera Rampung

Bupati Pandeglang Irna Narulita betemu dengan Deputi Rekontruksi dan Rehabilitasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) - foto istimewa

PANDEGLANG – Pembangunan Hunian Tetap (Huntap) untuk 706 kepala keluarga (KK) korban tsunami Selat Sunda diharapkan selesai sebelum Hari Raya Idul Fitri. Hal ini terungkap saat Bupati Pandeglang Irna Narulita betemu dengan Deputi Rekontruksi dan Rehabilitasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Rifai di Pendopo Pandeglang, Rabu (12/2/2020).

Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pandeglang Surya Darmawan mengatakan jika dana untuk pembangunan Huntap sudah masuk di Dokumen Perencanaan Anggaran (DPA) Kabupaten Pandeglang tahun 2020.

“Anggaran untuk Huntap kurang lebih sebesar Rp69,7 miliar dan untuk pembangunan jalan dan jembatan yang terdampak sebesar Rp5,19 miliar,” kata Surya melalui siaran tertulis.

Dikatakan Surya, persiapan Huntap sejak Januari 2020 sudah dipersiapkan untuk beberapa proses administrasinya mulai dari tim teknis, hingga Kerangka Acuan Kerja (KAK).

“Saat ini kami sedang mulai untuk pengadaan dan untuk lelang sudah masuk di Unit Layanan Pengadaan (ULP),” ungkapnya.

Masih kata Surya, ada 8 titik yang akan dibangunkan huntap yaitu Desa Sukarame Kecamatan Carita, Desa Banyu Mekar Kecamatan labuan, Mekarsari Kecamatan Panimbang, Des Sumberjaya Kecamatan Sumur, Desa Tunggal jaya Kecamatan Sumur, Cigorondong Kecamatan Sumur, Tamanjaya Kecamatan Sumur, dan Ujung Jaya Kecamatan Sumur.”Untuk semua lahan sudah siap, tinggal Sumber Jaya Kurang 4 Hektar, namun ada tanah warga yang siap dibangun dan pembayarannya bisa diakhir tahun dengan dilakukan perjanjian terlebih dahulu,”pungkasnya.

Sementara Bupati Pandeglang, Irna Narulita mengintruksikan kepada Kepala BPBD agar melakukan kordinasi dengan pihak LKPP, agar pelaksanaan lelang ini bisa berjalan cepat dan lancar.

“Memang ada aturannya untuk batasan waktu dalam proses pengadaan, tapi saya harap tidak terlalu lama karena keterkaitan dengan bencana kasihan masyarakat kami yang saat ini sudah menantikan untuk pembangunan Huntap,” kata Irna

Dikatakan Irna dirinya mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Provinsi Banten dan Pemerintah Pusat dalam penanggulangan bencana tsunami Selat Sunda di Kabupaten Pandeglang.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disiniĀ