Beranda Peristiwa Siapkan Payung, BMKG Prediksi Akhir Pekan di Tangerang Hujan

Siapkan Payung, BMKG Prediksi Akhir Pekan di Tangerang Hujan

(Sumber foto: tribunnews.com)

TANGERANG – Sebagian besar wilayah Kabupaten Tangerang beberapa hari ini diguyur hujan deras, karena didukung oleh tiga faktor, yakni faktor global, regional dan lokal yang sedang aktif. Bahkan akhir pekan ini diprediksi bakal terjadi hujan.

Demikian dipaparkan Kepala Sub Bidang Pelayanan dan Jasa Balai Besar Badan Meteorologi, Klimitologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah II Tangerang Selatan, Darman saat dimintai keterangan oleh BantenNews.co.id, Jumat (2/10/2020).

Menurutnya, faktor global yang mempengaruhi adalah MJO (Madden Julian Oscillation) atau fenomena gangguan cuaca dimana saat ini tengah di kuadran 5. Sehingga berkontribusi terhadap proses pembentukan awan hujan di wilayah Indonesia.

“Sedangkan untuk faktor regional, terdapat pula daerah belokan angin di sekitar wilayah Banten sehingga berpotensi untuk terjadinya pertumbuhan awan konvektif dan di dukung pula dengan faktor lokal yaitu labilitas udara yang bernilai signifikan,” sambungnya.

Pihaknya memprediksi, perkiraan cuaca wilayah Kabupaten Tangerang untuk dua hari kedepan Sabtu dan Minggu, akan diguyur turun hujan ringan hingga lebat.

“Untuk itu, masyarakat yang beraktivitas diharapkan mempresiapkan diri dan waspada,” imbuhnya

(Ren/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini