Beranda Pemerintahan Siap-siap Warga Tangerang, Giliran Bansos Tunai Dana Desa Didistribusikan

Siap-siap Warga Tangerang, Giliran Bansos Tunai Dana Desa Didistribusikan

426
0
Ilustrasi - foto istimewa Tribunnews.com

 

KAB TANGERANG – Bersiap-siap giliran Bantuan Sosial (Bansos) tunai Rp 600 ribu per kepala keluarga di Kabupaten Tangerang yang terdampak Covid-19 dikucurkan dari anggaran dana desa.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMD) Kabupaten Tangerang Ahdiyat Nuryasin mengatakan jika bantuan langsung tunai  (BLT) tersebut mulai didistribusikan minggu pertama Mei ini.

“Kalau himbauan dari kami minggu pertama bulan Mei ini mesti dimulai distribusi,” kata Ahdiyat saat dihubungi BantenNews.co.id, Selasa (5/5/2020).

Namun distribusi tersebut tidak akan dilakukan secara serentak. Sebab, Ahdiyat mengaku tergantung kecepatan pemerintah desa dalam pencairannya.

Ahdiyat menungkapkan dana desa yang dialihkan untuk penanganan Covid-19 sebesar Rp 550 juta. Dirincikan, Rp 50 juta untuk pengadaan alat disinfektan, obatnya, biaya operasional dan lainya sesuai kebijakan desa, sementara Rp 500 juta untuk bantuan langsung tunai (BLT).

“Kalau hasil pembagian dari Rp 500jt dibagi 600rb untuk 3 bulan, kenanya 277 kepala keluarga yang menerima BLT,” jelas Ahdiyat.

Lanjut dia, mekanisme data yang berhak mendapat bantuan selayaknya diadakan rapat musyawarah desa. “Hal tersebut untuk membahas siapa yang berhak menerima bantuan sesuai kriteria yang telah ditentukan,” tukasnya.

(Ren/Red)