Beranda Nasional Siap-Siap, Pendaftaran Petugas Haji 2024 Segera Dibuka!

Siap-Siap, Pendaftaran Petugas Haji 2024 Segera Dibuka!

Ilustrasi - foto istimewa Payuung

SERANG – Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) akan segera membuka lowongan petugas haji 2024. Untuk kuotanya dikabarnya mencapai 2.200 orang.

Seleksi petugas haji 1445 H/2024 M dimulai pada Desember 2023 dan dijadwalkan pada awal 2024 sudah diperoleh daftar nama yang lolos. Prosesnya akan dilakukan secara berjenjang dari tingkat kabupaten hingga ke pusat.

Terdapat tiga kategori petugas haji yang dibutuhkan, antara lain Petugas PPIH Kloter yang bertugas menyertai jamaah, petugas yang tidak menyertai jemaah haji atau PPIH Arab Saudi (Non Kloter), dan petugas pendukung PPIH.

Melansir dari Suara.com (jaringan BantenNews.co.id), kemungkinan besar persyaratan pendaftaran petugas haji 2024 tidak jauh berbeda dengan persyaratan pada tahun 2023.

Merujuk persyaratan pendaftaran petugas haji tahun 2023, pendaftaran dilakukan sepenuhnya secara online melalui Pusaka Super Apps Kementerian Agama.

Syarat khusus untuk pembimbing ibadah haji diberlakukan berupa sudah berhaji dan memiliki sertifikat pembimbing manasik.

Selain itu, petugas ibadah haji yang bertugas sebagai PPIH Kloter maupun Arab Saudi harus mampu mengoperasikan Microsoft Office dan Aplikasi Pelaporan PPIH berbasis Android atau iOS.

Syarat lainnya untuk yang ingin mendaftar petugas kloter dan PPIH Arab Saudi adalah:

– Untuk masyarakat umum harus melampirkan surat rekomendasi dari ormas Islam, lembaga pendidikan, atau pesantren.

– Untuk yang berstatus PNS, harus melampirkan surat tugas dari kementerian/lembaga.

Cara Daftar Petugas Haji 2024

Pertama diharuskan untuk mengunduh atau download terlebih dahulu aplikasi Pusaka Super Apps Kementerian Agama melalui iOS atau Playstore. Pendaftar hanya perlu klik menu Pendaftaran Petugas Haji. Kemudian mengikuti arahan yang ada di dalam aplikasi sebagai berikut :

– klik menu “Pendaftaran Petugas Haji”

– lanjutkan klik “Daftar”

– Isi data sesuai arahan aplikasi meliputi nomor induk kependudukan (NIK), tanggal lahir, username, alamat email, kata sandi, dan konfirmasi kata sandi.

– Isi soal penjumlahan di kotak tersedia, akhiri dengan klik “Daftar”.

– Jika sudah, nanti akan diminta menunggu pengumuman seleksi administrasi di tingkat kabupaten/kota.

(Red)

 

 

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini