Beranda Olahraga Shin Tae-yong Bawa 3 Timnas Indonesia ke Ajang Piala Asia

Shin Tae-yong Bawa 3 Timnas Indonesia ke Ajang Piala Asia

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong melambaikan tangan ke suporter usai pertandingan melawan Turkmenistan pada pertandingan grup K kualifikasi Piala Asia U-23 AFC 2024 di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Selasa (12/9/2023). Timnas Indonesia U-23 menang atas Turkmenistan dengan skor 2-0 dan memastikan lolos ke putaran final Piala Asia U-23 Qatar 2024. ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha/hp..

JAKARTA – Shin Tae-yong patut mendapatkan apresiasi dari publik pecinta sepak bola tanah air. Bagaimana tidak, ia berhasil membawa tiga timnas kelompok umur ke ajang Piala Asia.

Timnas Indonesia U-23 berhasil menumbangkan Turkmenistan dengan skor 2-0, Selasa (12/9/2023) di Stadion Manahan, Solo. Dua gol tersebut disumbangkan Ivar Jenner dan Pratama Arhan.

Berkat kemenangan ini, Garuda Muda resmi lolos ke Piala Asia U-23 2024. Shin Tae-yong pun menciptakan sejarah membawa tim Merah Putih ke ajang tersebut.

Menariknya bukan hanya sekali saja pelatih asal Korea Selatan ini berhasil membawa timnas Indonesia ke ajang turnamen tertinggi di Asia.

Sebelumnya di timnas Indonesia senior, juru taktik berusia 53 tahun ini sukses meloloskan skuad Garuda. Kala itu, Asnawi Mangkualam dkk lolos sebagai runner up terbaik.

Di Kualifikasi Piala Asia 2023, timnas Indonesia tergabung dengan Kuwait, Yordania, dan Nepal. Performa skuad Garuda impresif.

Laga pertama Marc Klok dkk mampu menang 2-1 atas Kuwait. Kemudian timnas Indonesia sempat tumbang 0-1 dari Yordania.

Beruntung di laga penutupan timnas Indonesia pesta gol ke gawang Nepal dengan skor 7-0. Alhasil Shin Tae-yong bisa membawa skuad Garuda ke Piala Asia 2023.

Terakhir Shin Tae-yong membawa tim U-20 juga ke ajang Piala Asia di Uzbekistan. Dalam kualifikasi, Garuda Nusantara bersaing dengan Vietnam, Timor Leste, dan Hong Kong.

Hasilnya timnas Indonesia U-20 berhasil menyapu bersih tiga laga itu dengan kemenangan, termasuk comeback 3-2 melawan Vietnam di partai terakhir.

Meraih tiga kemenangan membuat timnas Indonesia U-20 lolos ke Piala Asia U-20 2023. Namun di ajang itu, sayangnya Garuda Nusantara hanya sampai di fase grup.

Dengan raihan itu, Shin Tae-yong sendiri sudah membawa tiga timnas Indonesia ke ajang Piala Asia dari senior, U-23, dan U-20. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disiniĀ