Beranda Olahraga Shin Tae Yong Akui Fisik Skuad Garuda Belum Maksimal

Shin Tae Yong Akui Fisik Skuad Garuda Belum Maksimal

Pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia, Shin Tae-Yong - foto istimewa detik.com

JAKARTA – Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae Yong mengakui bahwa fisik skuad Timnas Garuda masih belum maksimal sepenuhnya pada saat laga melawan Kamboja di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) tadi malam.

Itulah alasan mengapa pelatih asal Korea Selatan itu kemudian menggantikan beberapa pemain kunci seperti Egy Maulana Vikri, Witan Sulaiman, Asnawi Mangkualam, dan Arhan Pratama digantikan di babak kedua.

Menurutnya, kebijakan tersebut terpaksa harus diambil guna menjaga kebugaran para pemainnya.

Selain fisik, Shin Tae Yong juga mengakui bahwa secara permainan, anak asuhnya juga belum tampil maksimal. Ia mengatakan bahwa secara keseluruhan performa Egy Maulana Vikri dan kawan-kawan masih kurang baik.

“Secara keseluruhan, performa tim kurang baik dan fisik belum maksimal. Saya pun mengambil keputusan untuk mengganti pemain-pemain tersebut,” kata STY usai pertandingan.

Lebih lanjut, Shin Tae Yong menjelaskan bahwa belum maksimalnya fisik para pemainnya tersebut dikarenakan beberapa sebab. Misalnya, Pratama Arhan yang belum pernah merumput lagi bersama timnya Tokyo Verdy usai laga menghadapi Curacao beberapa waktu lalu. Selanjutnya, Asnawi Mangkualam yang baru bermain sekali untuk timnya Ansan Greeners di Liga 2 Korea Selatan pasca laga versus Curacao juga.

Kemudian ditambah lagi kompetisi Liga di Indonesia yang sempat terjeda yang membuat para pemain harus bekerja keras untuk mengembalikan fisik mereka agar stabil seperti semula.

Namun, pelatih yang pernah menukangi timnas Korea Selatan di Piala Dunia itu yakin bahwa cepat atau lambat fisik para pemainnya akan cepat pulih kembali. “Saya yakin ke depan akan lebih baik,” kata STY.

Meski begitu, pada laga tersebut timnas Indonesia berhasil mengalahkan Kamboja dengan skor tipis 2-1. Egy Maulana Vikri dan Witan Sulaiman menjadi menjadi bintang pada laga tersebut dengan gol keduanya yang dicetak pada babak pertama.

Dengan hasil ini, Indonesia saat ini berada di posisi ketiga klasemen sementara Grup A Piala AFF 2022 dengan raihan 3 poin dan plus 1 jumlah selisih gol.

Selanjutnya Egy Maulana Vikri dan kawan-kawan akan terbang ke Stadion Kuala Lumpur untuk menghadapi Timnas Brunei Darussalam pada Senin (26/12/2022). (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini