Beranda Pariwisata Serunya Festival Lomba Balap Rakit, Sambut Hari Pahlawan di Lebak

Serunya Festival Lomba Balap Rakit, Sambut Hari Pahlawan di Lebak

90
0
Festival Balap Rakit di Kabupaten Lebak - (Foto Ali/BantenNews.co.id)

LEBAK – Antusias warga Desa Suakan di Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak dalam memeriahkan Hari Pahlawan pada 10 November 2019 patut diacungi jempol.

Warga sekitar mengadakan festival lomba rakit yang digelar di Sungai Cimadur Imadur, yang berlokasi di Kampung Suakan, Desa Suakan, Kecamatan Bayah, Kamis (7/11/2019). Acara ini mendapat antusias masyarakat.

Kepala Desa Suakan, Edi Rapiudin
mengatakan, parade rakit ini merupakan rangkaian acara dalam rangka memperingati Hari Pahlawan dan juga sebagai bentuk pembelajaran dan penyampaian informasi sejarah kepada generasi muda, bahwa di Kampung Suakan dahulu pernah terjadi agresi militer Belanda dengan menembak 13 tokoh masyarakat dan pejabat pemerintah.

“Paling tidak kita telah memberikan informasi sejarah kepada generasi penerus di Desa Suakan bahwa di tempat tinggal mereka dahulu telah terjadi perlawanan dan penembakan para tokoh masyarakat dan pemerintahan oleh Belanda,” kata Edi kepada wartawan.

Dia berharap dengan digelarnya rangkaian festival lomba rakit ini dapat menggugah para generasi muda untuk tetap menjaga keutuhan NKRI.

“Acara ini selalu digelar tiap tahun, dan ke depannya mungkin kita akan undang juga warga ataupun wisatawan yang berkunjung ke Bayah untuk mengikuti perlombaan rakit ini,” kata Edi.

Sementara itu Sri Mulyanah salah seorang peserta mengatakan dirinya sering mengikuti perlombaan ini

“Saya sudah empat kali ikut perlombaan rakit. Perlombaan ini sangat seru,” ucapnya.

(Ali/Red)