Beranda Sosial dan Budaya Seru! Warga Kota Serang Rayakan Lebaran dengan Lomba Tradisional Unik

Seru! Warga Kota Serang Rayakan Lebaran dengan Lomba Tradisional Unik

210
0
momen Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriyah, ratusan warga di Kampung Pereng Tengah, Kelurahan Cibendung, Kecamatan Taktakan, Kota Serang, Banten menggelar lomba permainan tradisional - (Foto Wahyu Arya/BantenNews.co.id)

SERANG – Dalam rangka mengisi libur Lebaran sekaligus mempererat silaturahmi di momen Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah, ratusan warga di Kampung Pereng Tengah, Kelurahan Cibendung, Kecamatan Taktakan, Kota Serang, Banten menggelar lomba permainan tradisional.

Lomba dari mulai pentung pendil, lomba makan bakso, meniup balon, balap karung hingga panjat pinang atau laes. Diikuti oleh anak-anak, pemuda ibu rumah tangga hingga orang tua, tampak kompak tumpah ruah memeriahkan lomba yang sudah menjadi rutinitas tahunan tersebut.

Lomba yang sangat sederhana dan tradisional itu, tampak meriah dengan iringan lantunan musik seni debus dari Perguruan Pencak Silat Golok Sikalong Hitam, Kampung Jambu, Desa Tamiang, Kecamatan Gunung Sari, Kabupaten Serang, Banten.

Lomba tersebut sudah menjadi tradisi tahunan turun temurun dari orangtua mereka yang merupakan warga asli Kampung Pereng Tengah, Taktakan, Kota Serang.

Toha, pemuda setempat berharap lomba dapat memperat tali persaudaraan antar warga di Kampung Pereng Tengah, Cibendung, Taktakan, Kota Serang.

“Ini tradisi yang kami jaga untuk melestarikan dan menjaga kebersamaan,” kata dia, Sabtu (8/6/2019).

Muta’i, warga lainnya berharap silaturahmi dapat terjalin di hari istimewa.

“Lomba tradisional ini akan terus diadakan setiap satu tahun sekali pada moment Hari Raya Idul Fitri, dengan tujuan, menjalin silaturahmi, memperat persaudaraan antar warga di Kampung Pereng Tengah, Kelurahan Cibendung, Kecamatan Taktakan, Kota Serang,” harapannya. (You/Red)