Beranda Peristiwa Seru! Perlombaan Getek di Sungai Ciberang Lebak

Seru! Perlombaan Getek di Sungai Ciberang Lebak

Dalam menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia yang ke 74, para pemuda Kampung Kaum Lebak menggelar Festival Perlombaan Balap Rakit

LEBAK – Dalam menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia yang ke 74, para pemuda Kampung Kaum Lebak menggelar Festival Perlombaan Balap Rakit alias Getek di bantaran Sungai Ciberang, Kelurahan Muara Ciujung Timur, Kecamatan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak.

Ketua Pelaksana Festival Lomba Getek Kaum Yudi mengatakan, festival tersebut merupakan acara yang rutin digelar setiap tahunnya dalam rangka memeriahkan HUT RI.

“Festival yang digelar secara rutin setiap tahunnya ini merupakan rangkaian acara dalam rangka menyemarakkan HUT RI yang ke 74,” kata Yudi, Jum’at (23/8/2019).

Terdapat 16 regu yang terdiri 2 peserta di setiap regunya berpartisipasi dalam lomba getek tersebut. Dalam lomba tersebut, para peserta harus mengarungi sungai Ciberang dengan menggunakan Getek yang telah disediakan oleh pihak panitia sejauh 500 meter dari titik start yang berada di tepian sungai Ciberang, Kampung Kaum Lebak, Desa Muara Ciujung Timur, Rangkasbitung.

“Lomba ini telah berlangsung selama 3 hari, adapun pesertanya juga cukup beragam, mulai dari pemuda, anak kecil, sampai Ibu-ibu,” katanya.

Untuk memberikan rasa aman terhadap para peserta lomba maupun para penonton yang menyaksikan Festival Getek Kaum, Yudi mengatakan, pihaknya telah menjalin kerjasama dengan Taruna Siaga Bencana (Tagana) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak.

“Alhamdulillah kita setiap tahun mendapatkan dukungan dari Tagana, dan BPBD Lebak dengan meminjamkan beberapa alat keselamatan berupa pelampung,” katanya.

Yudi berharap, Festival Getek ini dapat menjadi Icon Pariwisata Kabupaten Lebak dengan diselenggarakannya festival serupa namun di tingkatkan Kecamatan, maupun Kabupaten. Karena, selain lomba getek pada festival ini digelar juga berbagai perlombaan lainnya yakni balap renang, dan berbagai lomba menarik lainnya.

Diharapkan, dengan festival yang diselenggarakan ditingkatan yang lebih tinggi tersebut dapat membawa dampak yang baik bagi masyarakat, khususnya kondisi kebersihan sampah di bantaran sungai Ciberang.

“Kita siap jika diminta oleh pihak terkait untuk menyelenggarakan Festival serupa di tingkat Kabupaten,” tandasnya.

Salah satu peserta lomba getek Subianto mengatakan sangat terhibur dengan adanya lomba tersebut. Selain hiburan, katanya lomba ini juga sebagai wadah untuk menjalin tali silaturahmi antar warga khususnya para pemuda Kampung Kaum Lebak.

” Alhamdulillah seru, semoga dapat dipertahankan setiap tahunnya,” katanya.

(Ali/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disiniĀ