Beranda Gaya Hidup Sering Tak Disadari, Ternyata 7 Tanda Ini Tunjukkan Bahwa Anda Adalah Orangtua...

Sering Tak Disadari, Ternyata 7 Tanda Ini Tunjukkan Bahwa Anda Adalah Orangtua yang Baik

Ilustrasi - foto istimewa hellosehat.com

SERANG – Menjadi orangtua yang baik adalah keinginan terbesar setiap pasangan. Namun, memang menjadi orangtua yang baik tidaklah mudah.

Meski begitu, setiap orang pasti akan berusaha untuk melakukan segala cara demi memberikan yang terbaik untuk anak-anak mereka. Dan jangan khawatir, meski sering kali tidak disadari, inilah tanda bahwa Anda sesungguhnya telah berhasil menjadi orangtua yang baik untuk anak-anak Anda. Berikut daftarnya, seperti dilansir dari suara.com (jaringan BantenNews.co.id).

1. Anak Anda menceritakan masalahnya kepada Anda.

Sangat menyenangkan ketika anak-anak Anda menceritakan segala hal yang terjadi padanya kepada Anda, termasuk masalah yang sedang mereka hadapi. Itu artinya, mereka memercayai Anda sebagai pelindung mereka, dan bahwa Anda adalah sosok yang dapat memahami mereka sepenuhnya.

2. Anda tidak berpikir bahwa nilai bagus adalah segalanya.

Jika anak Anda mendapat nilai buruk di sekolah, mereka tidak perlu takut untuk memberi tahu Anda. Anak-anak yang ketakutan sering menyembunyikan nilai mereka. Namun, orangtua yang baik dapat menjelaskan kepada anak-anak mereka bahwa penting untuk menjadi baik di sekolah, tetapi itu semua kadang tidak harus selalu diukur dari nilai.

3. Ruang pribadi setiap orang dihormati dalam keluarga Anda.

Banyak orangtua berpikir bahwa anak harus mengetuk pintu sebelum masuk kamar. Tetapi Anda sendiri sebagai orangtua tidak selalu mengikuti aturan ini. Aturan dalam keluarga harus sama untuk semua orang. Hormati ruang pribadi anak-anak Anda, dan mereka akan melakukan hal yang sama untuk Anda.

4. Anda tidak mengkritik anak Anda.

Orangtua yang baik tidak mengkritik anak-anak mereka, tidak menyebut mereka bodoh, gendut, atau malas. Kata-kata ini membuat anak merasa insecure untuk jangka waktu yang lama, bahkan mungkin selamanya. Pilih kata-kata yang akan Anda gunakan dengan hati-hati, dan belajarlah mengemukakan kelecewaan Anda dengan cara yang tepat, tanpa menyakiti hati anak.

5. Anda mengakui kesalahan dan meminta maaf.

Setiap orang membuat kesalahan, baik anak-anak dan orang dewasa. Namun, kebanyakan orangtua lupa bahwa mereka tidak hanya harus mengajari anak-anak mereka untuk meminta maaf, tetapi juga menunjukkan kepada mereka bagaimana melakukannya. Jika Anda menyadari bahwa Anda bereaksi berlebihan dan tidak seharusnya demikian, jangan malu untuk meminta maaf kepada anak.

6. Anda tidak memaksakan minat Anda kepada anak-anak.

Anak-anak harus melakukan hal-hal yang mereka sukai, bukan hal-hal yang Anda sukai. Belajarlah untuk memperhatikan bakat anak-anak Anda dan jangan memaksakan impian Anda pada mereka.

Orangtua yang baik akan mendorong anak-anak untuk berkembang dan membantu mereka tumbuh sebagai orang yang bahagia, yang melakukan apa yang mereka sukai.

7. Anda memercayai kata-kata anak Anda.

Ini adalah situasi yang sangat sering terjadi: seorang ibu atau ayah pergi ke sekolah di mana guru memberi tahu mereka bahwa anak mereka telah berbuat salah. Anda pun langsung marah tanpa mencoba mencari tahu detail apapun tentang situasi sebenarnya.

Padahal, akan lebih baik jika Anda bertanya dulu kepada anak tentang bagaimana mereka melihat situasinya. Mungkin itu bukan kesalahan anak Anda sama sekali, dan mereka benar-benar membutuhkan bantuan Anda untuk menghadapi situasi tersebut.

Bagaimana, apakah setelah membaca artikel ini, Anda berpikir bahwa Anda adalah orangtua yang baik?

(Red)