Beranda Kesehatan Sering Pusing Saat Bangun Tidur? Mungkin Ini Penyebabnya

Sering Pusing Saat Bangun Tidur? Mungkin Ini Penyebabnya

Ilustrasi - foto istimewa suara.com

Beragam kondisi bisa membuat kepala pusing, mulai dari kurang minum air sampai mengalami gangguan tidur ‘sleep apnea’ saat bangun tidur. Jangan ragu untuk menghubungi dokter jika terasa pusing atau ruangan terasa berputar saat bangun tidur kerap datang terus menerus.

Berikut adalah beberapa sebab seseorang merasa pusing saat bangun tidur, dihimpun dari detik.com.

1. Obat-obatan

Beberapa obat-obatan bisa menyebabkan pusing entah di pagi hari atau lain waktu. Di antaranya adalah obat alergi, antidepresan, obat antikejang, dan lain sebagainya.

Solusi: Konsultasikan dengan dokter atau apoteker jika obat yang dikonsumsi menyebabkan pusing. Nantinya mereka akan menyesuaikan dosis obat.

2. Dehidrasi

Dehidrasi bisa terjadi karena kekurangan cairan. Saat hanya ada sedikit cairan, tubuh dan otak tidak dapat bekerja dengan optimal dan berakhir pada rasa pusing. Tak minum air beberapa jam sebelum tidur dapat menyebabkan pusing dan haus saat bangun pagi.

Solusi: Cukupi kebutuhan hidrasi sepanjang hari, 8 gelas atau kurang lebih 2 liter sehari.

3. Gagal Jantung

Kondisi gagal jantung adalah ketika jantung tak memompa darah ke seluruh tubuh. Dalam kondisi yang parah, jantung tak bisa mengontrol tekanan darah yang turun tiba-tiba saat berdiri. Hal itu kemudian memunculkan pusing. Selain itu, rasa pusing bisa muncul akibat obat yang dikonsumsi pasien gagal jantung.

4. Sleep Apnea

Sleep apnea merupakan kondisi seseorang berhenti bernapas selama beberapa detik di malam hari. Selain menurunkan kualitas tidur dan bangun dengan badan terasa lelah, kurangnya oksigen dalam darah akan mengakibatkan pusing.

Solusi: Menurunkan berat badan juga bisa membantu mengatasi sleep apnea.

5. Gula Darah Rendah

Hipoglikemia atau gula darah rendah dapat sebabkan perubahan hormon dan zat kimia di dalam tubuh. Hasilnya, seseorang bisa pusing di pagi hari. Pengidap diabetes yang mengonsumsi insulin atau obat sulfonylurea punya risiko tinggi terkena gula darah rendah. Namun pusing di pagi hari bukan hanya berarti gula darah rendah, melainkan karena banyak berkeringat.

Solusi: Naikkan kadar gula darah dengan minum sesuatu yang mengandung gula.

6. Vertigo

Rasa pusing seperti melihat ruangan berputar-putar adalah vertigo. Kondisi ini terjadi ketika keseimbangan tubuh terganggu. Orang dengan vertigo bisa juga mengalami mual atau muntah. Pusing bisa datang kapan saja, termasuk ketika berubah posisi dari tidur langsung berdiri atau duduk.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini