Beranda Kesehatan Sering Mendengkur Saat Tidur? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Sering Mendengkur Saat Tidur? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Ilustrasi - foto istimewa matajurnal.com

SERANG – Kebiasaan mendengkur atau mengorok saat tidur seringkali tak disadari oleh seseorang. Hal ini ternyata juga bisa mengurangi kualitas tidur orang itu sendiri. Sebenarnya apa yang menyebabkan orang mendengkur? Yuk simak!

Berdasarkan beberapa sumber, suara dengkuran timbul akibat saluran pernapasan tersumbat, lalu bergetar saat dilalui oleh aliran udara. Suara ini bisa terdengar halus atau keras dan mendengkur kebanyakan dialami oleh pria.

Mendengkur saat tidur bisa dipicu oleh banyak hal, mulai dari kegemukan sampai kebiasaan minum-minuman beralkohol secara berlebihan. Tetapi, mendengkur juga bisa menjadi gejala awal dari penyakit apnea tidur yang disebabkan oleh gangguan kesehatan lain yang cukup serius.

Beberapa faktor yang berpengaruh terhadap terganggunya aliran udara penyebab dengkur yaitu diantaranya kebanyakan kurang tidur, kegemukan atau obesitas sehingga banyak lemak tertimbun di sekitar tenggorokan yang membuat jalan napas menyempit.

Faktor lainnya yaitu tidur dengan posisi telentang yang bisa membuat tenggorokan menyempit dan lidah turun ke bawah sehingga menghalangi aliran udara, anatomi mulut misalnya memiliki langit-langit mulut yang terlalu rendah dan posisi rahang yang salah akibat otot yang tegang, dan tenggorokan yang menutup ketika tidur.

Mendengkur juga bisa difaktori lantaran terjadi gangguan pada hidung, misalnya seperti sekat lubang hidung yang bengkok. Sakit pilek atau alergi yang mengakibatkan saluran udara tersumbat sebagian dan tonsil membesar, dan mengonsumsi minuman beralkohol atau obat-obatan yang membuat otot tenggorokan menjadi rileks.

Mengorok atau mendengkur bisa terjadi karen situasi apnea tidur obstruksi, yaitu kondisi ketika jaringan yang ada di tenggorokan menghalangi sebagian atau seluruh aliran udara sehingga mengganggu pernapasan.

Yang terakhir adalah faktor keturunan, yaitu adanya anggota keluarga yang mendengkur atau mengidap apnea konstruksi.

Cara Mengatasi Kebiasaan Mendengkur

Kebiasaan mendengkur bisa diatasi secara alami dengan mengubah gaya hidup dan menerapkan pola hidup yang sehat. Misalnya dengan mengubah posisi tidur, disarankan untuk tidur posisi menyamping. Selanjutnya menurunkan berat badan ke batas normal dan hentikan kebiasaan mengonsumsu alkohol serta merokok.

(Red)

 

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News