Beranda Gaya Hidup Sering Ada di Skincare, Ini Manfaat Hyaluronic Acid 

Sering Ada di Skincare, Ini Manfaat Hyaluronic Acid 

Ilustrasi - foto istimewa womentalk.com

JAKARTA – Hyaluronic Acid atau hyaluronan merupakan zat bertekstur lengket dan licin yang diproduksi oleh tubuh secara alami. Selain itu, kandungan ini juga terdapat pada produk skincare yang memiliki fungsi utamanya adalah menahan air agar jaringan tetap terlumasi dan lembap, oleh karenanya kulit jadi lebih terhidrasi dan tampak bercahaya.

Lantas sebenarnya apa saja manfaat dari Hyaluronic Acid? Yuk simak!

Dilansir dari beberapa sumber, Hyaluronic Acid atau Asam Hialuronat menjadi salah satu kandungan dalam produk skincare dan memiliki beberapa manfaat yaitu berperan dalam proses anti-penuaan.

Sebagai molekul gula, Hyaluronic Acid dapat membantu kulit tetap tertarik dengan mempertahankan kelembapannya. Alhasil, ini dapat memerangi tanda-tanda penuaan, seperti kerutan, garis halus, dan flek hitam di wajah.

Selanjutnya, Asam Hialuronat dapat membantu meregangkan dan melenturkan kulit, serta mengurangi kerutan dan garis halus yang muncul. Kandungan itu juga mempercepat proses penyembuhan luka dan mengurangi jaringan parut.

Tak hanya berperan sebagai proses anti-penuaan dan melembapkan kulit, Hyaluronic Acid juga bisa meningkatkan elastisitas kulit atau efektif mengurangi kedalaman kerutan dan meningkatkan kekencangan. Kandungan itu bekerja dengan meningkatkan hidrasi kulit. Gunakan produk yang mengandung Hyaluronic Acid 2 kali sehari agar bisa merasakan manfaatnya.

Penggunaan Asam Hialuronat dalam jangka waktu yang panjang juga dapat meredakan kemerahan pada wajah. Tidak hanya itu, kandungan tersebut juga mampu mengatasi kemerahan akibat peradangan dan bekas luka akibat jerawat.

Asam hialuronat juga berperan penting dalam proses penyembuhan luka. Meski secara alami ada di kulit, kulit membutuhkan konsentrasi yang tinggi ketika ada kerusakan. Manfaat ini tercatat dalam jurnal Hyaluronic Acid in Inflammation and Tissue Regeneration pada Wounds.

Asam hialuronat membantu luka lebih cepat sembuh dengan mengatur tingkat peradangan. Kandungan itu juga bekerja dengan memberi sinyal tubuh untuk memperbaiki pembuluh darah di area yang rusak.

Untuk mendapatkan manfaatnya yang maksimal, oleskan skincare yang mengandung asam hialuronat ke bagian luka. Asam hialuronat juga memiliki sifat antibakteri, sehingga membantu mengurangi risiko infeksi bila dioleskan langsung ke luka terbuka.

Selain itu tidak hanya pada wajah, kandungannya juga dapat mempercepat luka setelah operasi gigi. Sederhananya, mengoleskan asam hialuronat langsung ke luka terbuka pada kulit membantu mempercepat proses pemulihan. Dosisnya harus sesuai dengan kebutuhan, jangan berlebihan.

Berdasarkan American Journal of Dermatology and Venereology, Hyaluronic Acid juga berkontribusi dalam menyamarkan bekas jerawat yang mengganggu penampilan. Prosedur laser cofrag (CO2) dan kombinasi dengan asam hialuronat topikal selama 3 bulan menunjukkan perbaikan pada bekas jerawat. Cara ini mampu menyamarkan noda bekas jerawat dalam intensitas ringan hingga parah. (Red)

 

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini