Beranda Sosial dan Budaya Seren Taun Kearifan Lokal Lebak yang Wajib Dijaga dan Dilestarikan

Seren Taun Kearifan Lokal Lebak yang Wajib Dijaga dan Dilestarikan

956
0
Wakil Bupati Lebak, Ade Sumardi menghadiri kegiatan Seren Taun masyarakat kasepuhan Desa Citorek, Kecamatan Cibeber Lebak - foto istimewa

LEBAK – Wakil Bupati Lebak, Ade Sumardi menghadiri kegiatan Seren Taun masyarakat kasepuhan Desa Citorek, Kecamatan Cibeber Lebak.

Acara itu berlangsung selama dua hari dan diselenggarakan secara sederhana mengingat kondisi pandemi Covid-19 saat ini.

Wabup menjelaskan bahwa ditengah arus modernisasi saat ini, sudah menjadi tugas kita bersama untuk menjaga serta melestarikan adat budaya berharga milik Kabupaten lebak salah satunya perayaan seren taun ini.



“Kegiatan ini wajib kita lestarikan, terlebih di tengah kemajuan jaman saat ini, kearifan lokal sudah sepantasnya kita jaga karena ini merupakan salah satu identitas masyarakat lebak,” ujar Wabup melalui siaran tertulis, Minggu (25/10/2020).

Sementara itu Kasepuhan Adat Desa Citorek, Abah Didi juga menjelaskan kegiatan ini merupakan tradisi masyarakat Citorek yang diwariskan oleh pendahulunya untuk menumbuhkan rasa syukur masyarakat atas hasil panen.

“Sudah sepantasnya kita merayakan syukuran atas apa yang diberikan oleh Allah SWT melalui hasil panen, dan berdoa agar panen selanjutnya diberi keberkahan,” kata Abah Didi.

Meskipun dilakukan secara sangat sederhana, serta menerapkan protokol kesehatan, acara seren taun Desa Citorek tetap berlangsung secara khidmat.

Untuk diketahui, acara Seren Taun merupakan acara syukuran tahunan masyarakat kasepuhan Desa Citorek atas keberhasilan panen serta memohon berkah untuk panen tahun mendatang dan menjadi salah satu kearifan lokal turun temurun.

(Red)