Beranda Pemerintahan Serapan Anggaran OPD Rendah, Ketua DPRD Serang : Copot Kepala Dinas!

Serapan Anggaran OPD Rendah, Ketua DPRD Serang : Copot Kepala Dinas!

Suasana acara Diskusi Publik Pokja Wartawan Kota Serang (PWKS), Kamis (31/10/2019).

SERANG – Ketua DPRD Kota Serang, Budi Rustandi menyatakan pihaknya bakal memanggil Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkot Serang. Hal ini terkait serapan anggaran para dinas yang rendah. Ia meminta Walikota Serang, Syafrudin mengevaluasi menyeluruh tentang lemahnya kinerja anggaran aparaturnya.

“Harus ada tindakan tegas setelah dievaluasi. Copot kepala dinas yang serapannya rendah,” ujar Budi di sela Diskusi Publik Pokja Wartawan Kota Serang (PWKS), Kamis (31/10/2019).

Ia menyatakan, DPRD hanya memiliki fungsi pengawasan dan penganggaran, sehingga tidak memungkinkan untuk memberi sanksi langsung kepada kepala OPD yang lemah kinerjanya tersebut.

“Tapi kita bisa saja untuk memberikan pengurangan anggaran untuk periode selanjutnya, jadi tidak ada serapan anggaran yang lemah,” ujarnya.

Sebelumnya diketahui, serapan anggaran triwulan III Pemkot Serang masih belum maksimal dan didominasi oleh Belanja Tidak Langsung atau Belanja Operasional saja.

Secara persentase, serapan Belanja Daerah Kota Serang baru mencapai 47,90 persen terdiri dari Belanja Tidak Langsung sebesar 58,39 persen, sedangkan untuk Belanja Langsung baru mencapai 37,4 persen.

Terkait hal ini belum ada komentar dari pihak eksekutif.

(Dhe/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini