Beranda Pemerintahan Serapan Anggaran Minim, Walikota Serang ‘Ancam’ Lakukan Rotasi

Serapan Anggaran Minim, Walikota Serang ‘Ancam’ Lakukan Rotasi

Walikota Serang Syafrudin. (Ade/bantennews)

SERANG – Memasuki bulan ke enam masa kepemimpinan Walikota dan Wakil Walikota Serang, ternyata menyisakan permasalahan dari sisi penganggaran. Disebutkan oleh Walikota Serang Syafrudin, bahwa saat ini serapan anggaran di Pemkot Serang masih rendah.

Oleh karena itu, Syafrudin pun kembali menekankan kepada pejabat Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk segera menyerap anggaran dengan baik. Syafrudin pun mengatakan bahwa minimal di akhir tahun, OPD harus menyerap anggaran sebesar 90 persen.

“Kami menekankan untuk semua OPD yang menerima anggaran dari Pemkot agar dari mulai hari ini sampai Desember itu anggaran sudah terserap, minimal di atas 90 persen,” ujarnya, Jumat (21/6/2019).

Ia menjelaskan bahwa apabila pada Desember nanti, OPD masih belum bisa mencapai target serapan anggaran maka dirinya akan mengevaluasi bahkan hingga kepada tindakan penyegaran jabatan dengan melakukan rotasi atau mutasi pejabat.

“Kalau umpamanya belum diserap, ya kami akan lakukan evaluasi. Mungkin nanti akan ada pergeseran (pejabat-red) ataupun yang lainnya,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Serang Namin, mengatakan bahwa pihaknya hingga saat ini  belum menerima kabar mengenai minimnya serapan anggaran OPD.

“Kami belum mendengar mengenai serapan anggaraan rendah atau seperti apa. Karena rapat kerja bersama mitra kerja belum selesai,” ujarnya.

Jika dilihat dari kondisi pembangunan saat ini, Namin mengaku bahwa memang kinerja dari setiap OPD masih belum terlihat maksimal. Sehingga, ini akan menjadi catatan dalam rapat bersama mitra kerja nanti.

“Di bulan ke enam ini, kegiatan-kegiatan pembangunan memang terlihat belum maksimal. Ini juga mejadi catatan kami. Jangankan lelang, kegiatan-kegiatan yang berhubungan langsung saja belum kelihatan,” ujarnya.

Ia pun mengaku telah mengagendakan, rapat bersama OPD mitra kerja untuk melihat perkembangan pembangunan yang telah mereka lakukan. Ia pun mendorong seluruh OPD untuk segera merealisasikan  anggaran.

“Nanti kami akan adakan rapat dengan OPD mitra kerja. Kami juga mendorong kepada seluruh OPD, untuk segera merealisasikan serapan anggaran yang baik, agar pembangunan Kota Serang lebih baik lagi,” ucapnya. (Dhe/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini