Beranda Pemerintahan Sepekan Pendaftaran CPNS Cilegon, Perawat Terampil dan Guru Agama Paling Diminati

Sepekan Pendaftaran CPNS Cilegon, Perawat Terampil dan Guru Agama Paling Diminati

Tim Verifikator CPNS Cilegon tengah memeriksa berkas pendaftaran yang diunggah pelamar. (Foto : Gilang)

CILEGON – Tim Verifikator Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) online dari Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kota Cilegon mencatat, dalam sepekan sejak resmi diumumkan pada Rabu (26/9/2018) lalu, sudah sebanyak 754 pelamar yang mengunggah berkas pendaftaran untuk menjadi abdi negara tersebut.

Kabid Pengadaan Pemberhentian Pembinaan dan Kesejahteraan Administrasi Umum (P3KA) BKPP Cilegon, Lela Sulelah mengatakan dari jumlah tersebut baru sebagian di antaranya yang sudah dinyatakan lolos dalam proses verifikasi administrasi.

“Dari 754 berkas pelamar yang mendaftar itu, baru 321 pelamar yang lolos administrasi, jadi semua berkasnya lengkap sesuai dengan persyaratan,” ujarnya ditemui di ruang verifikator CPNS di Aula Setda II Cilegon, Rabu (3/10/2018).

Dikatakan Lela, sejumlah alasan yang menyebabkan pelamar CPNS tidak lolos dalam proses verifikasi administrasi yang dilakukan oleh 10 petugas verifikator dibantu 10 tenaga pendamping dari BKPP Cilegon tersebut.

“Kebanyakan penyebab pelamar tidak lolos administrasi itu karena dia memaksakan mengirim (mengunggah) lamaran. Seperti di nilai IPK yang ternyata lebih kecil dari yang dipersyaratkan setelah kita cek ijazahnya, salah penjurusan, salah formasi. Misalnya dia pendidikannya Penjas, dia malah ngambil (Jabatan Guru) PKN, ngga bisa begitu,” terangnya.

Informasi yang dihimpun, dari total 29 formasi jabatan yang tersedia, mayoritas jumlah pelamar mendominasi di jabatan perawat terampil yang sudah berjumlah 103 pelamar, dan guru agama Islam ahli pertama yang hingga saat ini sudah mencapai 101 pelamar, serta guru kelas ahli pertama yang sudah berjumlah 95 pelamar. Sedangkan jabatan dokter spesialis bedah ahli pertama dan analis perumahan masing-masing baru diminati 1 pelamar.

“Seperti rencana semula, verifikasi berkas ini akan dilakukan sampai dengan tanggal 10 Oktober nanti, baru nanti kita kasih jeda waktu untuk diumumkan siapa saja yang lolos administrasi,” tandasnya. (dev/red)