Beranda Kesehatan Separuh Anggota DPRD Banten Belum Divaksin, Begini Kata Sekwan

Separuh Anggota DPRD Banten Belum Divaksin, Begini Kata Sekwan

280
0
Wakil Ketua DPRD Banten M Nawa Said Dimiyati menjalani screening sebelum mendapatkan dosis kedua vaksin di RSU Banten. (Ist)

SERANG – Sebanyak 42 orang dari total 85 anggota DPRD Banten belum mendapatkan vaksinasi Covid-19. Diketahui, Rabu (10/3/2021) ini, anggota DPRD Banten kembali mendapatkan dosis kedua vaksinasi penangkal virus asal Tiongkok itu.

Sekretaris DPRD (Sekwan) Banten, EA, Deni Hermawan membenakan jika tidak semua anggota DPRD Banten mendapatkan vaksin. Banyaknya anggota legislatif yang belum mendapatkan vaksinasi karena tidak lolos screening dan ada juga anggota yang pernah terpapar Covid-19.

“Vaksinasi tahap kedua tersebut hanya diperuntukkan bagi anggota dewan yang sudah menjalani vaksinasi tahap pertama dosis pertama beberapa waktu lalu. Memang tidak semua karena ada alumni (Covid-19) ada ini (tidak lolos screening). Jadi, hanya sebagian saja yang ikut,” kata Deni, Rabu (10/3/2021).

Bagi anggota DPRD yang belum menjalani vaksinasi, lanjut Deni, pihaknya akan kemballi menjadwal ulang sesuai ketentuan waktu yang dijadwalkan pihak RSUD Banten.

“Ada memang yang minta dijadwalkan ulang, kita sudah sampaikan ke Dinkes dan ke pihak rumah sakit biar mereka nanti yang ngatur, kapan waktunya,” katanya.

Menurut Deni, secara umum vaksinasi tahap kedua berjalan lancar bahkan pola pelayanan serta mekanisne yang dilakukan RSU Banten jauh lebih baik. “Jadi, pelayanan-pelayanan terhadap yang wajib divaksin ini semakin hari semakin baik,” ujarnya.

Meski terdapat kerumunan, Deni memastikan bahwa pihak rumah sakit telah berupaya semaksimal mungkin untuk menekankan penerapan protokol kesehatan di lingkungan rumah sakit.

“Kalau ada sedikit kerumunan, memang yang datang di RS itu tidak hanya yang divaksin, ada keluarga pasien, ada yang pengen berobat. Jadi, campur aduk,” jelasnya.

Ke depan, Deni berharap setelah menjalani vaksiansi tahap kedua dapat memicu sistem imunitas tubuh untuk melawan virus Corona. “Mudah-mudahan ini adalah bagian dari solusi, masing-masing punya mekanisme ketahanan diri, dengan upaya vaksinasi. Pandemi Covid-19 cepat berlalu,” ucapnya.

Terpisah, Wakil Ketua DPRD Banten, M Nawa Said Dimiyati mengimbau masyarakat untuk tidak takut menjalani vaksinasi Covid-19. Selain itu, dirinya juga berharap, masyarakat Banten tidak terpengaruh isu-isu hoax terkait vaksin Covid.

“Saya sudah dua kali divaksin, dua-duanya di RSU Banten. Pada saat divaksin dan setelah divaksin kondisi badan saya alhamdulilah sehat. Saya berharap masyarakat yang belum mempunyai keinginan untuk divaksin agar mau divaksin, Karena divaksin juga salah satu ibadah,” ujar Nawa. (Mir/Red)