Beranda Peristiwa Sepanjang September, 30 Titik Lahan Kosong di Lebak Kebakaran

Sepanjang September, 30 Titik Lahan Kosong di Lebak Kebakaran

Petugas memadamkan api yang membakar lahan kosong. (IST)

LEBAK– Dinas Satuan Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Lebak lewat Kantor Pemadam Kebakaran (Damkar) mencatat ada sekitar 30 kebakaran lahan kosong yang terjadi di wilayah Lebak dari tanggal 1 hingga 25 September 2023.

Kabid Damkar Lebak Iwan Darmawan mengatakan, selama musim kemarau kebakaran lahan sering terjadi akibat warga membakar sampah dan membuang puntung rokok sembarangan di lahan kering atau pinggir jalan.

“Selama satu bulan terakhir titik lahan terbakar yang berhasil ditangani dan tidak sampai meluas terjadinya kebakaran kebanyakan berada di wilayah Rangkasbitung, selebihnya berada di wilayah utara dan selatan,” kata Iwan saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (25/9/2023).

Ia menjelaskan, ada sekitar 30 kebakaran lahan yang terjadi di Kabupaten Lebak dari awal bulan  hingga 25 September ini.

Ia menambahkan, banyak faktor yang mengakibatkan kebakaran di Kabupaten Lebak, yakni musim kemarau serta adanya faktor dari manusia seperti membuang puntung rokok, dan membakar lahan sembarangan. Selain itu, Damkar Lebak banyak menemui kendala saat terjadi kebakaran lahan yakni kurangnya suplai air ke unit kendaraan damkar.

“Kendalanya karena saat musim kemarau jadi kita kesulitan suplai air. Jadi di mana-mana sungai sudah mulai surut dan kurang karena tadi dampak musim kemarau, tetapi kita tetap stand by bahkan itu unit harus tetap terisi air,” tuturnya.

Ia mengimbau, kepada masyarakat untuk tidak membakar sampah sembarangan sehingga memicu kebakaran.(San/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini