Beranda Kesehatan Seorang Tenaga Medis Positif Covid-19, 123 Pegawai RSUD Cilegon Isolasi Mandiri

Seorang Tenaga Medis Positif Covid-19, 123 Pegawai RSUD Cilegon Isolasi Mandiri

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cilegon - (Fotografer: Usman Temposo/BantenNews.co.id)

CILEGON – Juru Bicara Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Cilegon, Aziz Setia Ade Putera menyatakan bahwa sebanyak 123 pegawai Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cilegon bakal melakukan isolasi mandiri.

Ini setelah dinyatakan statusnya sebagai Orang Tanpa Gejala (OTG). 123 orang pegawai ini diduga berinteraksi aktif dengan BS (38) seorang tenaga medis RSUD Cilegon yang dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19.

“Pada hari ini RSUD Cilegon telah melakukan rapid test kepada 123 orang pegawai yang sudah melakukan berkontak langsung dengan yang bersangkutan. Saat ini 123 orang pegawai tersebut statusnya menjadi OTG. Selanjutnya akan menjalani isolasi secara mandiri,” ujar Aziz melalui keterangannnya, Sabtu (9/5/2020).

Aziz menjelaskan BS terkonfirmasi positif Covid-19 setelah dilakukan swab secara mandiri. BS diketahui berdomisili di Kecamatan Puloampel, Kabupaten Serang.

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Cilegon, Aziz Setia Ade Putera membenarkan bahwa satu orang tenaga medis di RSUD Kota Cilegon terkonfirmasi positif Covid-19.

“Hari ini diinformasikan ada satu orang pegawai RSUD Cilegon berusia 38 tahun berjenis kelamin laki-laki berdomisili di Kecamatan Puloampel, Kabupaten Serang terkonfirmasi positif Covid-19. Yang bersangkutan semula berstatus OTG, pada hari ini dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19,” ujarnya.

Aziz menjelaskan bahwa sebelumnya perawat RSUD Cilegon tersebut telah melakukan rapid test mandiri di Puskesmas Puloampel dan hasilnya reaktif.

“Setelah mengetahui hasil rapid tesnya reaktif kemudian yang bersangkutan melakukan swab tanggal 6 Mei 2020 untuk diteruskan pemeriksaan melalui PCR ke laboratorium Kimia Farma di Jakarta, dan pada hari Jumat pada 8 Mei 2020 hasil PCR-nya diterima Dinas Kesehatan Kota Cilegon. Hasil dari PCR-nya dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19,” jelasnya.

Karena yang bersangkutan berdomisili di Kabupaten Serang, lanjutnya, maka penanganan selanjutnya akan dilakukan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Serang.

(Man/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disiniĀ