Beranda Kesehatan Senam Cuci Tangan Jadi Sarana Edukasi Putuskan Mata Rantai Penyebaran Covid-19

Senam Cuci Tangan Jadi Sarana Edukasi Putuskan Mata Rantai Penyebaran Covid-19

Warga mengikuti senam cuci tangan. (Memed/bantennews.co.id)

PANDEGLANG – Sumi’ah, warga RT 03 RW 04 Kampung Girimerta, Desa Dalem Balar, Kecamatan Cimanuk, Kabupaten Pandeglang punya cara unik untuk mengajak masyarakat menerapkan gerakan Menggunakan Masker, Mencuci Tangan dan Menjaga Jarak (Gerakan 3M).

Sarana yang digunakan Sumi’ah untuk menerapkan gerakan 3M pada masyarakat yakni dengan mengajak mereka melakukan senam cuci tangan bersama. Menurut dia, langkah ini dianggap sangat mudah untuk mengedukasi masyarakat menerapkan protokol kesehatan.

Selain mudah diingat, kata dia, senam juga tentu bisa menyehatkan tubuh warganya. Sebab dengan kondisi fisik yang sehat sudah tentu imunitas akan terjaga dan menghindarkan diri dari penyakit.

“Lebih mudah dengan senam karena gerakan senamnya mempraktikkan bagaimana cara cuci tangan yang baik jadi pasti mudah diingat, terus juga senam kan bisa bikin badan sehat dan bisa sambil ketawa-ketawa pas senamnya itu,” ucap Sumi’ah usai senam, Jumat (2/10/2020).

Sumi’ah juga terbilang orang yang mampu memanfaatkan kondisi, karena dia tidak bisa melakukan gerakan senam cuci tangan sendiri maka dia mengajak mahasiswa yang sedang Kuliah Kerja Nyata (KKN) di kampungnya untuk menjadi mentor pertama.

“Kebetulan di sini ada adik-adik yang lagi KKN jadi saya mengajak mereka untuk ikut senam sambil mencontohkan pada saya, jadi nanti kalau anak KKN ini sudah pulang saya sudah bisa dan bisa mempraktikkan langsung buat warga saya,” jelasnya.

Selama ini ia mengaku selalu berusaha mengedukasi masyarakat tentang pentingnya pola hidup sehat dan menjaga lingkungan baik secara perorangan atau pada saat acara-acara tertentu.

“Biasanya ibu-ibu kan suka kumpul tuh, nah saya kasih tau pentingnya hidup sehat. Saya juga selalu mengajak mereka untuk menggunakan masker kalau mau keluar rumah terus harus cuci tangan pakai sabun kalau habis aktivitas dari luar rumah,” ungkapnya.

Dirinya berharap dengan terus menggalakkan pola hidup sehat bisa menghindarkan masyakaratnya dari berbagai penyakit dan bisa memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Selain ingin masyarakat saya tetap sehat ya harapnya bisa memutus mata rantai Covid-19, kan kalau kita sehat penyakit juga engga gampang masuk tubuh kita. Harapannya semoga Corona cepat berakhir,” harapnya. (Med/Red/SG)