Beranda Peristiwa Sempat Level Awas, Bendungan Pamarayan Kembali Normal

Sempat Level Awas, Bendungan Pamarayan Kembali Normal

Situasi Bendungan Pamarayan. Foto: Nindia/BantenNews.co.id

KAB. SERANG – Debit air Bendungan Pamarayan yang sempat mencapai level awas, mulai kembali normal pada Rabu (15/9/2021).

Saat ini debit air Bendungan Pamarayan adalah 146 meter kubik per detik. Sementara itu, pada Selasa (14/9/2021) kemarin, dikarenakan luapan Sungai Ciujung, debit air mencapai 1.608 meter kubik per detik. Hal itu diungkapkan oleh Andriyanto Sukarno selaku Pengawas Bendung Baru Pamarayan.

“Sekarang sudah normal,” ujarnya pada BantenNews.co.id, Rabu (15/9/2021).

Menurut Andriyanto, kenaikan air Bendungan Pamarayan yang tertinggi terjadi pada 14 September 2021 lalu akibat intensitas hujan yang tinggi dan luapan Sungai Ciujung.

Untuk pelaporan pemantauan debit air dilakukan pada pagi, siang, dan sore.

“Kita sebagai pegawai PUPR akan selalau memberikan informasi jika ada peningkatan di hulu sungai Ciujung. Kalau debit di atas 300 meter kubik, pelaporan debit per 1 jam. Jika di bawah 300 meter kubik, pelaporan pagi siang, sore aja,” jelasanya.

Terkait ketinggian air yang bisa memicu banjir, Andriyanto mengimbau kepada warga sekitar untuk memelihara sungai dengan tidak membuang sampah.

“Imbauan kepada warga untuk tidak membuang sampah ke sungai, tetap waspada pada saat musim penghujan di tahun ini, kurangi kegiatan yang berdekatan dengan DAS Ciujung,” imbaunya.

(Nin/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disiniĀ