Beranda Pariwisata Selesai Dibangun, Tinggi Patung Garuda Wisnu Kencana Lebihi Liberty

Selesai Dibangun, Tinggi Patung Garuda Wisnu Kencana Lebihi Liberty

420
0
Patung Garuda Wisnu Kencana. (foto : tempatwisatadibali.id)

Patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) setinggi 121 meter dibangun di atas lahan seluas sekitar 60 hektare di Desa Ungasan, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali. Tinggi GWK melebihi patung Liberty di Amerika dan proses pembuatannya memakan waktu kurang lebih 28 tahun.

Pada 4 Agustus 2018, acara syukuran bertajuk Swadharma Ning Pertiwi digelar untuk merayakan penyelesaian pembuatan patung. Swadharma Ning Pertiwi berarti persembahan seseorang kepada tanah kelahirannya. Ya, perayaan dan syukuran ini adalah peringatan terhadap perjuangan panjang Nyoman Nuarta sebagai pematung.

Dikutip dari kompas.com, berikut adalah fakta-fakta menarik tentang patung GWK.

1. Empat Presiden

Butuh waktu 28 tahun untuk menyelesaikan patung Garuda Wisnu Kencana. Hal ini berarti pembangunan GWK berlangsung dalam empat era kepemimpinan presiden.

Ide membangun GWK muncul tahun 1989 ketika Nyoman Nuarta bertemu dengan dua menteri di zaman Soeharto, yaitu Joop Ave dan IB Sujana,  dan Gubernur Bali Ida Bagus Oka.

Setelah disetujui oleh Presiden Soeharto pada tahun 1990, lalu dilakukan pembebasan lahan. Groundbreaking dilakukan pada tahun 1997.

Krisis ekonomi dan dana minim membuat Nyoman menjual 80 persen kepemilikan modalnya. Setelah mendapat suntikan dana, secara resmi tahun 2013 GWK mulai dibangun dan baru rampung pada Agustus 2018 di era Jokowi.

Di antara Soeharto dan Jokowi, Indonesia pernah dipimpin oleh BJ Habibie, Abdurrahman Wahid, Megawati Soekarnoputri dan Susilo Bambang Yudhoyono.

2. Tingginya Melebihi Patung Liberty

Patung Liberty di Negeri Paman Sam memiliki tinggi 93 meter, sedangkan patung GWK mencapai tinggi 121 meter.

Dengan ketinggian tersebut, patung GWK akan terlihat dari Pantai Kuta Sanur, Nusa Dua hingga Tanah Lot.

GWK adalah sebuah taman wisata di Jimbaran, Kabupaten Badung, Bali. Area ini berada di ketinggian 146 meter di atas permukaan tanah atau 263 di atas permukaan laut.

3. Habiskan 4.000 Ton Baja dan Tembaga

GWK  terbuat dari campuran tembaga dan baja seberat 4.000 ton dengan tinggi 75 meter dan lebar 60 meter.

Patung ini  akan menjadi patung tembaga terbesar di dunia yang dikerjakan hanya dengan teknik pengelasan dan peralatan sederhana.

Ada 754 modul yang dilas dan dirangkai oleh para seniman untuk membentuk patung GWK secara utuh.

4. Simbol cinta bumi dan ucapan terima kasih

Patung GWK ini merupakan sosok Dewa Wisnu yang dalam agama Hindu adalah Dewa Pemelihara (Sthiti) saat mengendarai burung Garuda. GWK merupakan simbol dari misi penyelamatan lingkungan dan dunia. (Red)