Beranda Komunitas Selain Pembangunan Fisik, TMMD Ke 114 Kodim 0603/Lebak Gelar Penyuluhan

Selain Pembangunan Fisik, TMMD Ke 114 Kodim 0603/Lebak Gelar Penyuluhan

Warga saat menghadiri penyuluhan reboisasi dan konservasi di Desa Cileles.

LEBAK – Selain melakukan program pembangunan fisik, kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-114 Kodim 0603/Lebak juga melakukan kegiatan non fisik berupa kegiatan penyuluhan bagi masyarakat di lokasi sasaran TMMD dan sekitarnya.

Informasi yang didapat, saat ini anggota TMMD melakukan penyuluhan reboisasi dan konservasi, yang dilaksanakan di Kantor Desa Cileles, Kecamatan Cileles, Kabupaten Lebak, Kamis (4/8/2022).

Dedi Junaedi, sebagai pemateri mengatakan, untuk menjaga dan melestarikan lingkungan dan hutan penanaman dan pemeliharaan pohon sangat penting dilakukan. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini bisa menumbuhkan kesadaran dan rasa cinta masyarakat terhadap lingkungan dan alam. Dan masyarakat di sekitar kawasan hutan lebih gemar menanam dan memelihara pohon.

“Dalam rangka mencegah meluasnya lahan kritis baik di dalam maupun di luar kawasan hutan, salah satu upaya preventif yang dapat dilakukan adalah dengan mengkampanyekan pelestarian hutan pada masyarakat sekitar kawasan hutan,” kata Dedi saat memberikan materi.

Ia pun mengajak masyarakat untuk bekerja sama dalam menjaga dan melestarikan alam sekitar khususnya hutan yang ada di wilayah Kecamatan Cileles.

“Kami perlu kerja sama semua pihak untuk mengawasi dan merawat hutan dan lingkungan, serta bibit pohon yang sudah ditanam agar dapat dijaga dan dirawat sehingga tumbuh dengan baik,” ajaknya.

Sementara itu Hasan, warga Cileles sangat mengapresiasi adanya penyuluhan reboisasi dan konservasi yang dilakukan oleh anggota TMMD Kodim 0603/Lebak.

“Dengan adanya penyuluhan ini, kami masyarakat yang awam tentang reboisasi dan konservasi jadi lebih mengerti apa itu reboisasi dan konservasi. Sebab, sebelum adanya penyuluhan, terus terang kami sangat tidak paham,” kata Hasan.

(San/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini