Beranda Kesehatan Selain Paru-paru, Virus Corona Juga Ternyata Menginfeksi Organ Tubuh Ini

Selain Paru-paru, Virus Corona Juga Ternyata Menginfeksi Organ Tubuh Ini

484
0
Ilustrasi - foto istimewa alodoktor.com

Virus Corona terkenal membahayakan. Infeksi penyakit asal China ini berdampak pada berbagai organ tubuh manusia. Tak hanya pada paru-paru, tapi juga berbagai organ dalam tubuh lainnya.

Hal ini pun diungkapkan dokter spesialis penyakit dalam dan vaksinolog dari Omni Hospital Pulomas, dr Dirga Sakti Rambe, MSc, SpPD. Dalam duitannya, ia mengatakan bahwa virus Corona bahkan bisa berdampak hingga ke usus.

“Virus masuk lewat saluran napas atas, menyebar ke paru-paru, mencetuskan reaksi radang yang sistemik dan masif,” tulisnya seperti dikutip dari detik.com.



“Dampaknya dapat terjadi pada hampir seluruh organ: otak, mata, hidung, paru, jantung dan pembuluh darah, hati, ginjal, dan usus,” imbuhnya.

Baca juga: Ahli Ungkap Makna di Balik Seringnya Mimpi Buruk Selama Pandemi Corona

Kepada detikcom, dr Dirga menyebutkan dari beberapa organ yang disebutkan, yang paling terdampak dan menjadi target utama COVID-19 adalah saluran napas. Pada kasus ringan, akan berdampak pada saluran pernapasan bagian atas. Tapi, jika berat akan melibatkan paru-paru.

“Kalau kasus yang ringan, biasanya terdampak pada saluran napas bagian atas ya. Tapi, kalau yang berat, itu hampir selalu melibatkan saluran napas bagian bawah yaitu paru-paru,” jelasnya.

dr Dirga mengatakan, virus Corona itu akan memberikan dampak yang paling fatal dan hebat pada paru-paru. Terlebih jika terjadi kondisi reaksi radang yang hebat, maka bisa menyebabkan gagal napas.

“Nah, ini orangnya pasti butuh ventilator dan sering sekali tidak selamat atau meninggal,” imbuhnya.

(Red)