Beranda Gaya Hidup Selain Olahraga, Makanan Ini Juga Bisa Bikin Otot Kamu Terlihat Kekar

Selain Olahraga, Makanan Ini Juga Bisa Bikin Otot Kamu Terlihat Kekar

Ilustrasi - foto istimewa IDN Times

Pada umumnya seseorang akan membuat jadwal olahraga agar target tubuh idealnya tercapai. Namun sekeras apapun olahraga yang kamu lakukan akan menjadi percuma bila tak didukung dengan makanan yang benar.

Ahli gizi dari Florida, McKenzie Flinchum, RD, mengatakan untuk lebih utamakan karbohidrat dan protein setelah olahraga.

“Nutrisi setelah olahraga harus mengandung karbohidrat untuk menambah massa otot, serta kaya protein untuk mempercepat perbaikan otot, dan air putih untuk menghilangkan dehidrasi,” ucap Flinchum seperti yang dikutip dari detik.com.

Tak hanya itu, ini adalah 4 pilihan makanan yang bisa kamu coba untuk meningkatkan daya otot setelah olahraga.

1. Telur

Telur merupakan sumber protein yang kaya akan nutrisi. Kandungan vitamin B, D, E, Biotin, kalium, asam folat, dan asam lemak omega-3 membuat telur jadi rekomendasi pertama sebagai pilihan kamu

Flinchum menyarankan untuk mengonsumsi 15 sampai 40 gram protein, dan jangan lupa karbohidrat bergizi seperti nasi, kentang, atau oatmeal untuk meningkatkan massa otot.

“Manfaat dari kombinasi protein dan karbohidrat dapat mengisi kembali cadangan glikogen,” kata ahli gizi dari Carolina Utara, Rima Kleiner, RD.

2. Yogurt dan buah

Yogurt merupakan cemilan yang sempurna karena dapat meningkatkan asupan protein dan juga sumber karbohidrat yang bergizi. Tak hanya jadi lebih cantik dengan penambahan buah. Kandungan nutrisi di dalamnya juga sangat bermanfaat untuk tubuhmu.

“Kadar gula akan mudah turun setelah berolahraga, tetapi buah dapat meningkatkannya lagi dengan cepat,” kata Flinchum.

3. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Jika kamu tidak punya cukup waktu untuk memasak setelah olahraga, mengonsumsi kacang-kacangan dan biji-bijian bisa jadi alternatifmu. Kandungan serat, asam lemak omega-3 dan juga antioksidan di dalam kacang dan juga biji-bijian sangat baik untuk tubuhmu.

4. Ikan salmon

“Makan makanan yang kaya akan protein setelah berolahraga dapat membantu membangun otot dan juga meningkatkan kekuatan,” ucap Kleiner.

“Protein adalah pondasi untuk setiap sel dan jaringan dalam tubuh kita,” lanjutnya.

Kleiner pun menyarankan untuk mengonsumsi salmon matang berukuran 3 ons setelah berolahraga untuk memenuhi 20 gram protein.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini