Beranda Pendidikan Sekolah Negeri di Kota Serang Ini Memprihatinkan

Sekolah Negeri di Kota Serang Ini Memprihatinkan

SD Negeri Tanjung Ilir yang terletak di Jalan Empat Lima, Kelurahan Sayar, Kecamatan Taktakan, Kota Serang, Provinsi Banten. Kondisinya sungguh mengkhawatirkan.

SERANG – Sebuah pemandangan yang memprihatinkan terlihat di SD Negeri Tanjung Ilir yang terletak di Jalan Empat Lima, Kelurahan Sayar, Kecamatan Taktakan, Kota Serang, Provinsi Banten. Kondisinya sungguh mengkhawatirkan.

Pantauan di lokasi, lantai perpustakaan pecah dan menyisakan tanah. Tidak ada meja maupun kursi di ruang baca itu.

Kepala sekolah, Saepudin mengungkapkan bahwa dia baru mengetahui masalah ini setelah menjabat pada tahun 2022. Menurutnya ruang perpustakaan sangat tidak layak pakai.

Rencananya, perbaikan akan dilakukan secara bertahap dengan menggunakan anggaran sekolah. Saepudin juga mengaku telah mengusulkan perbaikan sekolah kepada Pemerintah Kota Serang, termasuk permintaan pengadaan meja dan kursi.

“Dengan harapan besar, kita berharap realisasi perbaikan ini akan terjadi tahun ini,” ujarnya dengan penuh harap, Senin (29/5/2023).

Ia mengaku bangunan-bangunan di SD Negeri Tanjung Ilir ini hampir semua rusak parah. Usaha perbaikan telah diajukan, tahun ini bangunan baru akan dibangun. Semua progres perbaikan telah dikendalikan oleh petugas pemerintah.

Tidak hanya masalah bangunan yang mengkhawatirkan, siswa-siswi di sekolah ini juga harus belajar di lantai tanpa meja dan kursi yang memadai. Masalah lain yang mengganggu adalah ketidakberfungsian toilet sekolah sejak pandemi melanda.

Terungkap, bahwa sekolah ini hanya memiliki empat bangunan, termasuk satu gedung ruang kelas dari kelas satu hingga empat, satu gedung untuk kelas lima dan enam, ruang perpustakaan, serta ruang guru. SD ini sebenarnya telah mendapatkan bantuan pembangunan pada tahun 2011. Namun, satu tahun setelah itu, bangunan-bangunan tersebut mulai mengalami kerusakan lagi dan hingga saat ini belum ada tindakan perbaikan yang dilakukan. (Dhe/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini