Beranda Pemilu 2024 Sekitar Seribu TPS di Banten Masuk Daerah Rawan Bencana

Sekitar Seribu TPS di Banten Masuk Daerah Rawan Bencana

Simulasi pemungutan suara di TPS Pemilu 2024

SERANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Banten mencatat sekitar 1.000 lebih Tempat Pemungutan Suara (TPS) masuk daerah rawan bencana banjir. Ribuan TPS tersebut tersebar di delapan kabupaten/kota di Provinsi Banten.

Diketahui, beberapa hari belakangan curah hujan cukup tinggi, bahkan beberapa gudang logistik KPU di beberapa kabupaten/kota terendam banjir dan mengakibatkan banyaknya logistik surat suara yang mengalami rusak.

Tentunya, banjir juga dapat mengganggu jalannya pemungutan suara yang tinggal menyisakan kurang lebih dua pekan lagi.

Anggota KPU Provinsi Banten, Akhmad Subagja mengatakan, pihaknya sudah melakukan pemetaan titik-titik TPS yang masuk dalam kawasan rawan bemcana banjir.

“Ada Sekitar ada 1000 lebih TPS rawan banjir (di Banten),” kata Subagja saat dihubungi melalui Whatsapp, Selasa (30/1/2024).

Untuk itu, lanjut Subagja, KPU Provinsi Banten telah meminta KPU kabupaten/kota memberikan sosialisasi kepada KPPS untuk membangun TPS di dataran tinggi, khususnya bagi titik-titik daerah rawan banjir.

“Tentu KPU menyarankan (pembangunan) TPS agar di buat di daerah dataran yang jauh dari banjir.
(Dengan) Memanfaaatkan daerah yang lebih tinggi,” katanya.

Selain pemetaan TPS di daerah rawan banjir, Subagja mengaku, pihaknya juga sudah memetakan lokasi TPS khusus baik di Rumah Tahanan (Rutan) maupun Lembaga Pemasyarakatan (Lapas).

“Totalnya ada 48 TPS lokasi khusus se-Banten. Dan tersebar di seluruh kabupaten/kota. Untuk jumlahnya berbeda-beda (tergantung kapasitas warga binaan),” ucapnya.

Subagja juga memastikan tidak ada TPS khusus di rumah sakit. “Di rumah sakit tidak.ada TPS khusus,” ujarnya.

Diketahui, Pemilu Serentak 2024 tinggal menyisakan waktu kurang lebih dua pekan menjelang hari pemunguran suara pada 14 Februari 2024 mendatang. Berbagai persiapan terus dilakukan oleh penyelenggara mulai dari periapan personel KPPS hingga logistik yang sudah dikirimkan secara bertahap ke PPK sejak 21 Januari 2024 lalu. (Mir/Red)

 

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disiniĀ