Beranda Pemerintahan Sekda Pandeglang Tegaskan Perencanaan dan Penganggaran 2020 OPD Harus Berbasis Kinerja

Sekda Pandeglang Tegaskan Perencanaan dan Penganggaran 2020 OPD Harus Berbasis Kinerja

265
0
Sekda Pandeglang, Pery Hasanudin saat menjadi pemimpin apel pagi di lapangan Apel Setda Pandeglang, Kamis (26/12/2019) - foto istimewa

PANDEGLANG – Sekretaris Daerah (Sekda) Pandeglang, Pery Hasanudin meminta kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk anggaran 2020 harus berbasis kinerja dan lebih baik lagi.

Sebab l itu Pery menekankan mulai dari tahapan penyusunan perencanaan program hingga penganggaran pembangunan dapat sinkron dan terintegrasi secara optimal.

Hal tersebut dikatakan Sekda saat menjadi pemimpin apel pagi di lapangan Apel Setda Pandeglang, Kamis (26/12/2019).



“Saya harap seluruh anggaran yang ada di setiap OPD maupun lingkup Setda mulai saat penyusunan perencanaan 2020 dan penganggaran harus terintegrasi,” kata Pery melalui siaran tertulis.

Menurutnya, Integrasi saat penyusunan perencanaan dan penganggaran menjadi salah satu alat untuk mengevaluasi kinerja pemerintah dalam mencapai tujuan yang telah ditentukan.

“Selain itu, melalui perencanaan juga dapat memprediksi apa yang akan dilakukan, sekaligus dapat meminimalisasi ketidakpastian anggaran serta dapat memilih alternatif terbaik,” katanya.

Pery menegaskan, penyusunan perencanaan harus benar-benar bagus, supaya hasilnya bagus, dan harus ada skala prioritas perencanaan yang mana yang harus didahulukan.

“Yang tidak kalah penting adalah penyerapan anggaran karena penyerapan anggaran mencerminkan terlaksananya kegiatan sesuai waktu yang direncanakan,” tegasnya.

Selain itu, tambah Pery faktor kegagalan target penyerapan anggaran akan berakibat hilangnya manfaat belanja.

“Akibat lainnya, peran anggaran sebagai pendongkrak ekonomi rakyat akan berkurang, tentu hal itu akan mempengaruhi pertumbuhan ekonomi masyarakat,” tandasnya.

(Red)