Beranda Kesehatan Sekda Pandeglang : Akreditasi Puskesmas Harus Berbanding Lurus dengan Pelayanan

Sekda Pandeglang : Akreditasi Puskesmas Harus Berbanding Lurus dengan Pelayanan

305
0
Survei akreditasi puskesmas Pandeglang. (Memed/bantennews)

 

PANDEGLANG – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pandeglang Ferry Hasanudin menilai akreditasi terhadap puskemas harus sesuai dengan pelayanan yang diberikan kepada masyarakat, karena akreditasi tidak berguna apabila pelayanan yang diberikan buruk.

Menurutnya, penilaian harusnya berbanding lurus dengan pelayanan dilakukan. Ia meyakini apalah arti sebuah nilai jika pelayanannya tidak meningkat. Hal itu disampaikan Sekda saat membuka acara Akreditasi di Puskesmas Pandeglang, Kamis (11/10/2018).

“Tidak hanya penilaiannya tapi mutunya meningkat. Saya hadir di sini, bukan hanya saat penilaian saja, namun ini memang demi perbaikan mutu pelayanan kepada masyarakat,” ujarnya.

Ia berharap, seluruh puskesmas di Pandeglang harus meningkatkan mutunya dalam pelayanan kepada masyarakat tidak hanya saat akan penilaian saja, namun setiap waktu dan setiap saat.

“Apa yang sudah kita jalankan di puskesmas, walaupun sudah sesuai Standar Pelayanan Operasi (SOP), tentu harus dapat dipertanggungjawabkan secara administrasi melalui akreditasi,” katanya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Pandeglang Umbiyati mengatakan, sejauh ini dirinya bersama para tenaga medis lainnya sudah memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat Kadomas dan Kalanganyar. Kata dia,  hal itu harus dapat dibuktikan juga melalui proses akreditasi. Dalam akreditasi sendiri memiliki empat tingkatan yakni Dasar, Madya, Utama, dan Paripurna.

“Saya yakin semuanya ingin mendapatkan yang terbaik, begitu juga dengan kami yang ingin memperoleh predikat paripurna,” ucapnya. (Med/Red)