Beranda Kesehatan Sehat Ala Rasullullah SAW Supaya Tubuh Tetap Bugar

Sehat Ala Rasullullah SAW Supaya Tubuh Tetap Bugar

Ilustrasi - Foto istimewa IDN Times

Seumur hidup Nabi Muhammad SAW hanya pernah mengalami dua kali sakit. Pertama, ketika diracun oleh seorang wanita Yahudi, yang kala itu menghidangkan makanan kepada Rasulullah SAW di Madinah. Kedua, beliau sakit menjelang wafat.

Sudah semestinya kita menjaga kesehatan. Musabab sehat adalah nikmat Allah SWT yang harus dijaga. Berikut ini jurus sehat ala Rasullullah SAW yang dikutip dari detik.com.

1. Tidak Begadang

Rasulullah tidak menganjurkan umatnya untuk begadang. Hal itulah yang melatarbelakangi beliau tidak berbincang-bincang setelah waktu isya.

Rata-rata dalam kesehariannya, beliau sudah tidur kira-kira sebelum pukul 21.30. Kemudian sekitar pukul 03.00 beliau sudah terbangun untuk melakukan sholat malam.

2. Sering Berpuasa

Diketahui dalam sebuah hadis, Rasulullah sering berpuasa pada hari Senin dan Kamis. Selain sebagai ibadah bagi orang mukmin, puasa juga ternyata memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan. Bahkan beberapa penyakit berbahaya seperti serangan jantung, hipertensi, diabetes, dan kanker dapat disembuhkan.

3. Tidak Marah

Jurus sehat ala Rasullulah kali ini adalah sabar alias tak gampang marah. Rasulullah pernah menasihati sahabatnya sebanyak tiga kali yang berbunyi sama yaitu, “jangan marah”. Nasihat ini menunjukkan bahwa hakikat kekuatan manusia bukan terletak pada jasad, melainkan kebersihan jiwa. Selain itu, tidak mudah marah juga terbukti menjaga kesehatan tubuh.

4. Menjaga Kebersihan

Dalam sebuah hadis, Rasulullah bersabda bahwa, kebersihan adalah sebagian dari iman. Pribadi Rasulullah yang terkenal bersih dan rapih. Setiap hari Kamis atau Jumat, beliau secara rutin mencukur rambut halus di pipi, memotong kuku, serta memakai minyak wangi.

Rasulullah juga sangat menjaga kebersihan mulut dan gigi melalui bersiwak, cara hidup Rasulullah sehari hari tersebut, atau disebut sunnah beliau yang sampai saat ini masih diikuti umatnya.

5. Menjaga Pola Makan

Jurus sehat ala Rasulullah berikutnya adalah di pagi hari suka mengonsumsi segelas air dingin yang dicampur dengan madu asli. Kemudian memasuki waktu dhuha (pagi menjelang siang), beliau mengonsumsi tujuh butir kurma ajwa.

Dalam dunia kesehatan, madu dan kurma memiliki banyak manfaat bagi sistem pencernaan, termasuk salah satunya menetralisir racun. Manfaat ini sudah terbukti ketika Rasulullah SAW diracuni oleh seorang wanita Yahudi di Madinah.

Selain itu, Rasulullah Saw. sering mengonsumsi minyak zaitun pada waktu siang menjelang sore. Sesungguhnya zaitun itu adalah pohon yang diberkahi. Sedangkan di malam hari Beliau mengonsumsi sayuran-sayuran segar kaya nutrisi.

Secara umum, sayuran memiliki kandungan antioksidan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh terhadap penyakit. Setelah makan malam Rosul tidak langsung tidur. Beliau melakukan aktivitas seperti sholat agar makanan bisa tercerna secara optimal.

6. Berolahraga

Dalam sebuah riwayat, diketahui bahwa Rasulullah pun hobi berolahraga seperti berkuda, memanah, dan berenang. Hal itu menunjukan bahwa tubuh Beliau tidak hanya sehat, tapi juga kuat. Beliau juga pernah lomba lari, gulat, bahkan memanah.

7. Bersilaturahim

Jurus sehat ala Rasulullah juga dilakukan dengan menjalin silaturahmi. Rasulullah adalah pribadi yang suka bersilaturahim dengan para sahabat dan tetangganya. Bersosialisasi adalah salah satu tips menjaga kesehatan yang patut kita tiru saat ini.

8. Berbekam

Said bin Jubir berkata dari Ibn Abbas r.a bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda:

Kesembuhan dapat diperoleh melalui tiga cara: pertama dengan meminum madu (obat herbal), dengan berbekam/hijamah, dan terapi besi panas. Dan aku tidak menganjurkan umatku untuk melakukan pengobatan dengan besi panas (HR. Bukhori).

Itulah, 8 jurus sehat ala Rasulullah ala Rasulullah Saw. yang perlu kita ikuti. Mulai sekarang jaga pola hidup sehari-hari supaya tidak gampang sakit.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini