Beranda Pemerintahan Sedot Rp2 Miliar, KMSB Nilai Renovasi Pagar Gedung DPRD Banten Pemborosan

Sedot Rp2 Miliar, KMSB Nilai Renovasi Pagar Gedung DPRD Banten Pemborosan

Pagar baru gedung DPRD Banten. (Iyus/bantennews.co.id)

SERANG – Koalisi Masyarakat Sipil Banten (KMSB) menilai renovasi pagar gedung DPRD Banten di Jalan Syeh Nawawi Al Bantani, KP3B, Curug, Kota Serang, Provinsi Banten, tergolong pemborosan.

Seperti diketahui, Sekretariat DPRD (Setwan) Provinsi Banten mengubah model pagar lama dengan pagar baru yang mirip dengan bangunan keraton. Renovasi pagar tersebur menelan anggaran sebesar kurang lebih Rp2 miliar yang bersumber dari APBD 2023.

Angka tersebut tercatat di LPSE Provinsi Banten dengan nama Pemeliharaan/Renovasi Pagar Gedung DPRD.

Koordinator Presidium KMSB, Uday Suhada menilai, renovasi pagar di lembaga wakil rakyat yang menghabiskan miliaran tergolong pemborosan. Menurutnya, renovasi pagar dinilai efesien apabila mengalami roboh.

Uday juga menilai dengan melihat kondisi pagar sebelumnya, cukup dengan pemeliharaan.

“Bikin pagar kantor wakil rakyat, pemborosan. Sebelumnya pagar itu kan belum rusak, cukup pemeliharaan yang penganggarannya lebih efisien. Kecuali roboh, bisa dimaklumi,” kata Uday, Selasa (5/9/2023).

Padahal, lanjut Uday, masih banyak kebutuhan mendasar masyarakat yang perlu diperhatikan Pemprov Banten, dibandingkan menghabiskan Rp 2 miliar untuk pagar.

Salah satunya pembangunan rumah singgah untuk istirahan keluarga pasien di RSUD Banten. Hal itu dianggap lebih bermanfaat bagi masyarakat

“Sebab masih banyak persoalan publik lain yang harus menjadi perhatian khusus. Saya teriak soal agar dibangunkan rumah singgah untuk istirahat keluarga pasien di RSUD Banten saja, yang jelas-jelas dibutuhkan saudara-saudara kita dari Banten Selatan, sudah dua tahun belum juga terwujud,” ucapnya.

Uday menyebutkan, pembangunan rumah singgah ditaksir tidak menghabiskan uang sampai Rp2 miliar.

“Padahal kala itu sudah disetujui oleh Ketua DPRD dan Pj. Gubernur. Sungguh pun gak perlu sebesar itu kebutuhan biayanya,” ujarnya. (Mir/Red)

 

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini