Beranda Pemerintahan Sedot Dana Puluhan Miliar, Percepatan Pembangunan RSUD Kota Serang Harus Diawasi Ketat

Sedot Dana Puluhan Miliar, Percepatan Pembangunan RSUD Kota Serang Harus Diawasi Ketat

Gedung RSUD Kota Serang - foto istimewa jasafotograferjakartabarat.com

SERANG – Pemerintah Kota (Pemkot) Serang melakukan rapat percepatan dan pembangunan RSUD Kota Serang. Anggaran puluhan miliar pun sudah dipersiapkan.

Wali Kota Serang, Syafrudin mengatakan, pembangunan RSUD Kota Serang ini menggunakan anggaran dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dengan pembangunan fisik gedung tiga lantai dengan nilai Rp51 miliar.

Kemudian, lanjut dia, pembngunan fasilitas kesehatan itu juga menggunakan dana dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) sebesar Rp7 miliar. Sementara untuk alat kesehatan (Alkes) siapkan sekitar Rp14 miliar.

“Jadi tadi tiga poin itu yang dibahas dalam rapat,” kata Syafrudin kepada awak media, Kamis (25/2/2021).

Pemkot Serang berharap pembangunan RSUD ada pengawalan ketat. Sehingga tidak menyimpang dalam prosesnya.

“Jadi pembangunan ini akan didampingi oleh aparat penegak hukum (APH) baik dari kejaksaan dan kepolisian karena proyek ini dianggap strategis,” ucapnya.

Sedangkan untuk tahapan pembangunan ini, kata dia, akan dibangun pada tahun 2021 ini. Saat ini juga masih proses persiapan lelang.

Ditempat sama, Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Serang, M Ikbal menambahkan bahwa, urgensi pembangunan ini adalah untuk memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat. Diakui dia, memang saat ini kondisi RSUD harus ada penambahan tempat tidur. Hal tersebut, kata dia, agar kerjasama dengan BPJS Kesehatan bisa terealisasi.

“Kalau kerjasama dengan BPJS Kesehatan ini Pemkot harus melengkapi tempat tidur 100 unit, saat ini baru ada 60 unit. Kekurangannya itu akan kita bangun tahun ini,” ucapnya.

(Dhe/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini