Beranda Peristiwa Sedekah Dapat Mencegah Musibah dan Menyelamatkan dari Siksa Neraka

Sedekah Dapat Mencegah Musibah dan Menyelamatkan dari Siksa Neraka

Pengajian rutin di Masjid Agung Ar-Rohman Kabupaten Pandeglang, Jumat (7/1/2022) - Foto istimewa

PANDEGLANG – Sedekah adalah pemberian seorang Muslim kepada orang lain secara sukarela dan ikhlas tanpa dibatasi oleh waktu dan jumlah tertentu. Tanpa disadari, sedekah yang diberikan akan mencegah musibah dan menghindarkan seseorang dari siksa neraka. Hal demikian disampaikan K.H Entong Zazuli Ahmad pada pengajian rutin di Masjid Agung Ar-Rohman Kabupaten Pandeglang, Jumat (7/1/2022).

Dikatakan K.H Entong ada beberapa pembagian kategori dalam sedekah diantanya sedekah wajib dan sedekah sirri.

“Sedekah wajib bagi orang yang memiliki harta cukup nisabnya atau yang dinamakan zakat mal. Sedangkan sedekah sirri adalah yang kita berikan tanpa orang lain tau hanya kita dengan Allah.SWT,” ungkapnya

Sedekah Sirri ini menurutya, memiliki derajat yang paling tinggi, selain dapat menyelamatkan seseorang dari musibah, dan siksa neraka, sedekah ini juga bisa memadamkan kemarahan Allah. “Makadari itu jika kita memberikan sedekah janganlah ingin diketahui oleh siapapun, cukup kita dengan Allah.SWT,” pungkasnya.

Sementara Bupati Pandeglang, Irna Narulita yang hadir pada pengajian rutin mengetakan, kegiatan ini pencerahan yang sangat berarti buat seluruh pegawai, baik pejabat maupun seluruh staff dilingkup Pemkab Pandeglang.

“Hari ini kita bersyukur, kita bisa pengajian di masjid yang nilai ibadahnya lebih tinggi, kita sebagai pelayan masyarakat harus bersih dan amanah,” kata Irna

“Sedekah dan jakat mengingatkan kita, kesolehannya terus ditempa. Ini mengasah kemampuan keagamaan kita, sehingga bisa lebih mawas diri, mengalah, sabar, dan jauh dari penyakit ria,” imbuhnya.

Irna berharap, para pejabat dilingkup Pemda Pandeglang selalu mengedepankan kejujuran dalam melaksanakan tugas sebagai abdi negara dan masyarakat.

“Tahun 2022 kegiatan kita sentuhan ya lebih ke palayanan publik dan pelayanan dasar seperti adminduk dan jakamantul, ini harus berjalan dengan baik,” ungkapnya.

(Red)