Beranda Gaya Hidup Sebelum Memasuki Dunia Kerja, Skill Ini Perlu Diasah

Sebelum Memasuki Dunia Kerja, Skill Ini Perlu Diasah

71
0
Ilustrasi - foto istimewa IDN Times

Memiliki Indeks Prestasi (IP) tinggi di kampus bukanlah acuan utama yang membuat Anda diterima di dunia kerja.

Lebih dari itu, perusahaan yang merekrut Anda tentu membutuhkan skill, lebih dari sekadar nilai yang bagus.

Perlu disadari, skill tersebut seringnya tidak Anda pelajari secara formal, tetapi diasah dan dikembangkan melalui kegiatan organisasi, latihan kepemimpinan, atau saat bersosialisasi secara langsung dengan orang lain.

Apapun bidang yang Anda suka, setidaknya ada 5 skill yang perlu diasah sebelum memasuki dunia kerja. Apa saja?

1. Blogging

Menulis bagi kebanyakan orang adalah sesuatu yang sangat menyenangkan. Selain bisa menumpahkan isi kepala lewat tulisan, bahkan Anda juga bisa mencari penghasilan tambahan.

Dengan kemampuan ini, selain bisa menjadi seorang blogger, Anda pun bisa mencoba untuk menjadi book reviewer, content writer, membuat buku, menerjemahkan artikel, dan masih banyak lagi.

Anda bisa meningkatkan skill menulis dengan mengikuti berbagai kelas baik gratis maupun berbayar yang sering diadakan oleh komunitas atau lembaga non-formal.

Namun yang paling penting, Anda perlu banyak berlatih untuk menciptakan konten berkualitas yang memang disukai dan dibutuhkan para pembaca Anda.

2.Mengedit foto dan video

Saat ini, Anda hidup di dunia digital, di mana YouTube, Instagram, Facebook, serta media-media lainnya sangat membutuhkan foto dan video.

Faktanya, media sosial saat ini tidak terlalu menekankan teks. Oleh karena itu, kemampuan ini merupakan 1 dari 5 skill yang perlu diasah sebelum memasuki dunia kerja.

Untuk mengedit foto, software utama yang bisa digunakan adalah Photoshop. Sementara itu, gunakanlah Final Cut Pro, Adobe Premiere, atau iMovie untuk mengedit video.

Anda sangat direkomendasikan untuk menjajal software-software lainnya sehingga kemampuan Anda bisa bertambah.

Jika Anda ingin belajar membuat film dengan efek visual yang keren, mengapa tidak mencoba untuk mengikuti kursus di Savier Animationsaja? Atau, Anda juga belajar membuat film animasi di Enspire School of Digital Art (ESDA). Siapa tahu, ada dari Anda yang ingin berkarier di industri menjanjikan ini.

3.Bahasa Inggris

Tingkatkan rasa percaya diri Anda ketika hendak melamar di perusahaan multinasional dengan kemampuan berbahasa Inggris yang baik.

Jika Anda adalah orang yang rajin, mungkin Anda bisa belajar sendiri lewat YouTube, sembari mempraktikannya dengan orang-orang di sekitar Anda.

Namun, jika Anda butuh dibimbing dan ingin lebih disiplin saat belajar bahasa Inggris, ada dua lembaga yang direkomendasikan untuk diikuti, yakni English First dan Wall Street English.

Masing-masing lembaga memiliki metode pengajaran yang berbeda dan pilihlah sesuai yang Anda butuhkan.

4.Public Speaking

Public speaking merupakan salah satu skill yang perlu diasah sebelum memasuki dunia kerja. Ketahuilah, berbicara di hadapan orang lain itu sulitnya minta ampun.

Jika tidak terbiasa, hati-hati, orang yang Anda ajak bicara bisa jadi kehilangan minatnya untuk berbicara dengan Anda.

Tentu hal ini tidak baik bila Anda sedang bernegosiasi, meeting dengan klien, melakukan presentasi di hadapan banyak orang, bisa juga saat sedang interview kerja.

Lantas, bagaimana melatih kemampuan public speaking? Sering-seringlah bercermin dan banyaklah berlatih. Selain itu, jangan bosan untuk mengobrol dengan orang baru.

Jika merasa gugup, tarik napas Anda dan tetaplah tenang. Tidak perlu terlalu banyak berpikir soal bagaimana lawan bicara merespon Anda nantinya. Yang terpenting… practice, practice, practice.

5. Marketing

Selain Informasi Teknologi, ini merupakan salah satu bidang yang paling banyak dicari oleh perusahaan. (Red)

Sumber : viva.co.id

loading...