Beranda Kesehatan Sebaiknya Jangan Cek Handphone Satu Jam Setelah Bangun Tidur

Sebaiknya Jangan Cek Handphone Satu Jam Setelah Bangun Tidur

Ilustrasi - foto istimewa detik.com

Saat bangun tidur kamu langsung mengecek smartphone? Ternyata itu kurang baik bagi kesehatan.

Studi dari IDC Research menemukan 80% pengguna smartphone mengecek ponsel mereka 15 menit setelah terbangun, dan ternyata itu bukanlah hal yang bagus.

Dipercaya, jeda paling baik untuk mengecek smartphone adalah satu jam setelah terbangun dari tidur.

Dikutip dari detik.com berikut ini adalah tiga masalah yang bisa terjadi karenanya:

1. Meningkatkan stres dan kecemasan

“Secara langsung mengecek ponsel setelah terbangun bisa memulai hari dengan cara yang lebih mungkin meningkatkan stres dan membuat Anda merasa kewalahan,” kata Dr Nikole Benders-Hadi, psikiater di San Francisco, California.

Lebih lanjut, studi di University of Gothenburg mengukur efek penggunaan ponsel pada orang berusia 20-an selama setahun dan menemukan penggunaan ponsel yang tinggi secara langsung berkorelasi dengan peningkatan laporan depresi baik untuk pria dan wanita.

2. Waktu dan perhatian tersita

Dengan mengecek media sosial, Anda bisa menemukan berbagai macam hal dan opini dari banyak orang. Hal ini bisa membuat otak sudah dipenuhi pikiran sejak terbangun.

Sebaiknya, fokus pada diri sendiri saat bangun tidur dibandingkan langsung mengecek email atau media sosial. Anda bisa memulai hari dengan olahraga dan sarapan sehat.

3. Otak terganggu sepanjang hari

Menurut Dr Nikole Benders-Hadi, “informasi yang terlalu banyak melanda sebelum Anda benar-benar terbangun mengganggu kemampuan Anda untuk memprioritaskan tugas.”

Dengan kata lain, sepanjang hari, kita akan lebih mudah teralihkan dari tugas alias kurang fokus. Hal ini pun bisa mengacaukan produktivitas sepanjang hari.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini